Garuda Indonesia Jalin Kerjasama Kedubes Inggris Tingkatkan Jumlah Wisatawan

JAKARTA (Paradiso) – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bekerjasama dengan Kedutaan Besar United Kingdom (Inggris) untuk Indonesia dalam upaya meningkatkan jumlah wisatawan yang bertandang ke Inggris maupun ke Indonesia. Maskapai ini berharap jumlah penumpang akan meningkat mencapai lebih dari 50 ribu pertahun. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan Duta Besar UK‎ untuk Indonesia Moazzam Malik dan Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo di kantor Garuda, Kebon Sirih Jakarta.

“Ini adalah event yang sangat spesial bagi Garuda Indonesia, ini melihat UK jadi destinasi yang menarik. Sudah 1 tahun lebih kita layani penerbangan UK. Kita secara konsisten dan bertahap untuk memperkuat penerbangan ke UK,” kata Arif Wibowo di Jakarta, Kamis (10/11).

Arif menjelaskan Inggris adalah destinasi yang sangat menarik, dan kami (Garuda Indonesia) meningkatkan kerja sama untuk meningkatkan tourism dan education antara Inggris dan Indonesia.

“Saat ini pasar Indonesia ke Inggris terus berkembang dan masih banyak yang belum tergali. Terlebih saat ini Garuda Indonesia memiliki penerbangan dari Jakarta ke London melalui Singapura,” ujar Arif.

Namun demikian, untuk meningkatkan kerjasama kedua negara, dalam waktu dekat Garuda Indonesia akan mengalihkan penerbangannya yang selama ini semi direct melalui Singapura, menjadi direct langsung ke London Heathrow. “Kita harapkan kerjasama ini bisa tingkatkan jumlah penumpang yang kita angkut 5-10 persen. Kalau sekarang 40 ribu penumpang setiap tahun, kalau naik di atas 50 ribu itu sudah bagus sekali,” tambah Arif.

Lebih menarik wisatawan, Garuda Indonesia akan membuat beberapa paket wisata untuk menarik turis Inggris. Sebaliknya, sepanjang kerja sama berlangsung yakni mulai November 2016-April 2017, Garuda Indonesia akan menyuguhkan promo harga tiket menuju Bandara Heathrow, Inggris.

“Wisatawan juga akan mendapatkan diskon belanja sebesar 15 persen di Chic Outlet, Bicester Village yang terletak di dekat London,” kata Arif.

Dalam ranah pendidikan, akan ada beberapa promosi dan pengenalan dari Garuda Indonesia tentang belajar di Inggris. “Jadinya wisatawan tahu, Inggris itu bukan cuma untuk wisata tapi juga belajar. Nanti ketika mengenyam pendidikan di sana, bisa sambil mempromosikan Indonesia juga,” tambah Arif.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste Moazzam Malik mengatakan, dalam setahun ada sekitar 40.000 orang Indonesia yang berkunjung ke Inggris. Sebaliknya, jumlah wisatawan Inggris yang berkunjung ke Nusantara mencapai 300.000 orang.

“Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan angka kunjungan turis antar kedua negara meningkat 5-10 persen. Kami juga sedang purpose penerbangan langsung Jakarta-Heathrow,” papar Arif.

Meski Arif belum bisa mengonfirmasi kapan penerbangan langsung Jakarta-Heathrow akan beroperasi, dirinya optimis kunjungan turis antara kedua negara akan meningkat begitu rute tersebut dibuka.

Hal itu diamini Moazzam Malik. “Dua hal terpenting untuk meningkatkan kunjungan turis adalah penerbangan langsung dan infrastruktur,” ujar Moazzam. (*)

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.