Garuda Indonesia Kini Singgahi Jember

Erik Meijer (kanan) dan Wamen Perhubungan Bambang Susantono saat peresmian penerbangan langsung di Bandara Juanda Surabaya.
Erik Meijer (kanan) dan Wamen Perhubungan Bambang Susantono saat peresmian penerbangan langsung di Bandara Juanda Surabaya.

Jakarta (Paradiso) – Kabar gembira bagi masyarakat semuanya, PT Garuda Indonesia (Persero) secara resmi telah membuka rute penerbangan baru Surabaya–Jember pulang pergi (pp) yang dilayani dengan pesawat ATR 72-600 Explore.

Pembukaan rute ini sekaligus untuk memberikan lebih banyak pilihan penerbangan bagi para pengguna jasa. Ini sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat konektivitas dan jaringan penerbangan domestik khususnya di wilayah remote Indonesia.

Garuda Indonesia melayani rute Surabaya–Jember setiap harinya dengan jadwal keberangkatan dari Surabaya (GA4302) pukul 09.00 WIB dan tiba di Jember pada pukul 09.35 WIB, kemudian terbang kembali dari Jember (GA 4303) pukul 10.05 WIB dan tiba di Surabaya pukul 10.35 WIB.

Penerbangan Surabaya–Jember pp tersebut dilayani pesawat ATR 72-600 yang memiliki kapasitas sebanyak 70 kursi kelas ekonomi.

Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia Erik Meijer mengatakan bahwa selain memperkuat jaringan penerbangan domestik, pengoperasian rute Surabaya–Jember pp tersebut juga sejalan dengan upaya Garuda Indonesia untuk mendukung konektivitas area remote yang memiliki potensi di bidang ekonomi dan pariwisata dan mendukung program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Dia berharap, layanan penerbangan Surabaya–Jember tersebut dapat mempermudah pengguna jasa dari kota–kota lainnya di Indonesia untuk terbang ke Jember melalui Surabaya, dan sebaliknya masyarakat Jember dapat terbang ke kota kota di domestik dan internasional lainnya melalui Surabaya.

Erik Meijer memasuki pesawat Garuda Indonesia menuju ke Jember.
Erik Meijer memasuki pesawat Garuda Indonesia menuju ke Jember.

“Kami merasa senang karena masyarakat Jember akan semakin nyaman dalam melakukan penerbangan dan kami menjadi maskapai pertama yang melayani rute ini,” kata Erik saat peresmian penerbangan langsung di Bandara Juanda Surabaya, Rabu pagi (16/7/2014).

Kesempatan sama, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menyambut gembira pembukaan rute baru tersebut, mengingat dengan adanya rute itu maka konektivitas Jember dari dan menuju Surabaya dan kota-kota lainnya akan semakin meningkat.

“Dengan dibukanya rute ini maka akan semakin memudahkan pengguna jasa di kota–kota lainnya untuk melaksanakan perjalanan bisnis maupun wisata baik ke Jember dan sekitarnya maupun sebaliknya,” tambah Bambang.

Disambut Meriah di Jember

Pesawat Garuda Indonesia bernomor GA 4303 mendarat mulus dan disambut oleh atraksi Jember Fashion Carnaval (JFC) di Bandara Notohadinegoro Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (16/7)pukul 10.05 WIB.

Pesawat jenis ATR 72-700 terbang dari terminal 2 Juanda itu menempuh waktu penerbangan 30 menit. Setibanya di Bandara Notohadinegoro, pesawat baru itu disiram air oleh dua mobil pemadam kebakaran. Setelah itu, marching band JFC dan talenta beraksi menyambut tamu yang turun dari pesawat tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pihak Garuda Indonesia dan hari ini merupakan hari yang bersejarah karena pesawat komersial Garuda Indonesia mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember,” kata Bupati Jember MZA Djalal saat berikan sambutan.

Ia berharap operasional bandara yang berada di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, tersebut bisa menjadi jembatan dengan kabupaten lain dan memangkas waktu perjalanan, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jember.

“Semoga penerbangan ini bisa lancar ke depannya. Saya mengajak masyarakat untuk memelihara dan memanfaatkan jalur penerbangan yang baru dibuka oleh Garuda dengan rute Jember-Surabaya,” tuturnya.

Sementara Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan Bandara Notohadinegoro Jember merupakan bandara yang mendapat kehormatan dari pihak maskapai Garuda Indonesia, karena biasanya maskapai berpelat merah itu jarang menjadi maskapai pertama yang membuka rute di bandara perintis.

“Biasanya Garuda ini membuka rute jika sudah tahu pasar dari maskapai lain, namun untuk Jember sepertinya Garuda menangkap lebih dahulu pasar itu dan paling tidak mereka sudah mengetahui potensi pasar yang dimiliki oleh Jember,” tuturnya.

Pesawat Garuda (GA 4303) disambut meriah di Bandara Notohadinegoro, Jember.
Pesawat Garuda (GA 4303) disambut meriah di Bandara Notohadinegoro, Jember.

Dengan beroperasionalnya Bandara Notohadinegoro, bandara di Jember akan menjadi salah satu dari 230 bandara di Indonesia yang terhubung melalui jembatan udara. “Ini terhubung tidak hanya dengan Surabaya, tapi juga dunia karena Garuda tidak hanya melayani domestik, tapi juga mancanegara,” ucapnya.

Ia berharap beroperasinya Bandara Notohadinegoro Jember dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di daerah setempat untuk membangun relasi di luar, sehingga dapat mendongkrak perekonomian Jember.

“Setelah persiapan cukup lama, tadi kita mendarat dengan baik untuk penerbangan perdana ini. Saya tadi lihat dari atas sangat bagus, runway-nya smooth, sangat enak, dan bisa dibilang penerbangan ini kayak perjalanan wisata. Sebab dari atas kita bisa lihat pemandangan laut, alam, dan gunung. Apalagi kita terbangnya tadi agak rendah, sehingga semuanya kelihatan,” tambah Erick Meijer.

Erick berharap, dengan hadirnya Garuda Indonesia di Kabupaten Jember dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Jember. “Kalau melihat potensi pasar, saya sangat yakin animo masyarakat di sini akan sangat besar, sebab jumlah penduduknya juga sangat besar,” katanya.

Bupati Djalal mengucapkan terimakasih atas penerbangan Garuda. “Semoga menjadi jembatan dengan kota lain, memangkas waktu perjalanan. Dan saya berharap bisa menumbuhkan perekonomian di Jember,” ujar Djalal.

Djalal berharap Garuda bisa melayani dua kali penerbangan dalam sehari. Saat ini penerbangan Surabaya – Jember baru dilayani satu kali dalam sehari. Kehadiran Garuda Explore tersebut sekaligus menandai beroperasinya Bandara Notohadinegoro Jember.

Hingga 24 Juli mendatang, harga tiket Surabaya – Jember masih harga promosi yakni Rp 279.900. Selepas tanggal itu, harga yang diterapkan Rp 350.000 untuk batas bawah, sampai Rp 600.000 untuk batas atas. Beberapa hari lagi memasuki masa mudik dan balik lebaran, belum diketahui apakah harga tiket akan dinaikkan.

Untuk mendukung rencana pengembangan jaringan perusahaan, pada tahun 2014 Garuda Indonesia mendatangkan 27 armada baru terdiri dari 2 pesawat Boeing 777-300 arcraft, 4 pesawat Airbus A330, 12 pesawat Boeing 737-800NG, 3 pesawat  Bombardier CRJ1000 NextGen, dan 6 pesawat ATR 72-600. Saat ini Garuda Indonesia Indonesia Group mengoperasikan 140 pesawat, antara lain terdiri dari Boeing 777-300ER, Airbus A330-200/300, Boeing 737-800NG, Bombardier CRJ1000 NextGen, dan ATR72-600 dengan usia rata-rata pesawat 5 tahun. (bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.