H+6 Lebaran, Kemenhub Pantau Arus Balik di Pelabuhan

GILIMANUK (Paradiso) – Hari Ke-6 pasca Lebaran 2017, Kementerian Perhubungan c.q. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat terus terjun langsung melihat kondisi lalu lintas di simpul” transportasi massal.

“Pada H+6, saya melihat kondisi arus balik di salah satu pelabuhan penyeberangan tersibuk di Indonesia yaitu Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk terpantau dalam keadaan kondusif,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto pada saat kunjungannya ke pelabuhan Gilimanuk Bali, Minggu (2/7).

Pudji menyampaikan hari ini di terjadi penurunan aktivitas dibandingkan kemarin (H+5). “Kami selaku koordinator angkutan lebaran 2017 bersyukur tidak ada kejadian menonjol selama angkutan lebaran 2017,” ujar Pudji.

Pudji mengatakan walaupun ada kejadian kecelekaan yang melibatkan bus Restu di Jombang Jawa Timur beberapa hari yang lalu, pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap pelayanan angkutan umum. “Sesuai investigasi awal, kejadian tersebut murni kelalaian dari supir bus yang mengambil jalur berlawanan dengan kecepatan yang cukup tinggi sehingga tidak dapat mengendalikan kendaraannya,” kata Pudji. “Kami akan terus menghimbau, baik kepada supir bus maupun kepada penumpang agar jangan ragu untuk saling mengingatkan dalam mengutamakan keselamatan,” lanjutnya.

Kemenhub Apresiasi Petugas Posko

Menteri Perhubungan melalui Direktur Jenderal Perhubungan Darat mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam angkutan lebaran 2017.

“Semua ini berkat kerjasama dan koordinasi yang baik dari semua pihak yang terlibat, baik yang terlibat langsung maupun yang tidak langsung,” ungkap Pudji.

Disela kunjungannya ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Pelabuhan Gilimanuk Bali dan Terminal Bungurasih Surabaya, atas nama Menteri Perhubungan, Dirjen Pudji memberikan bingkisan kepada para petugas posko baik dari Kepolisian, TNI, Jasa Marga maupun Dinas Perhubungan.

“Ini sebagai bentuk apresiasi Menteri Perhubungan kepada para petugas agar tetap semangat dalam menjalankan tugas demi keselamatan dan kelancaran pemudik,” ucap Pudji. “Ini merupakan tugas yang sangat mulia,” tutupnya. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.