Hadiah Tour de Singkarak Akan Dinaikkan Dua Kali Lipat

Padang, Sumbar (Paradiso) – Menteri Pariwisata, Arief Yahya, berencana menaikkan hadiah Tour de Singkarak tahun depan. Hal ini tak lepas dari kesuksesan kejuaraan sepeda taraf internasional tersebut.

Untuk tahun ini, juara Tour de Singkarak (TdS) diraih Arvin Moazemi Goudarzi. Ia menjadi yang terbaik sejak balapan dimulai 3 Oktober dan ditutup secara resmi oleh Menpar Arief Yahya, Minggu (11/10).

“Karena tahun ini sukses, maka untuk menaikkan animo wisatawan berkunjung ke destinasi wisata Sumatera Barat, tahun depan kita naikkan dobel! Dua kali lipat hadiah uangnya, dari sekitar 1,4 miliar Rupiah menjadi 3 miliar Rupiah,” ujar Arief Yahya.

Dengan naiknya nominal hadiah hingga dua kali lipat, Tour de Singkarak tahun depan diyakini semakin meraih. Tak hanya pebalap, antusiasme tinggi pasti ditunjukkan masyarakat Padang.

“Mungkin di sini tidak banyak yang tahu, even TdS 2015 ini sudah kami promosikan di banyak media internasional. Hampir 10 miliar Rupiah, kami mempromosikan melalui jaringan TV di berbagai belahan dunia. Karena itu, news value TdS ini lebih dari 150 miliar Rupiah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Arief Yahya menjelaskan alasannya menaikkan hadiah Tds hingga dua kali lipat. “Saya ini orang bisnis, saya tahu di mana ada gula, di situ pasti mengundang banyak semut. Ketika event ini dinaikkan hadiahnya, pasti banyak partisipan, pebalap baik nasional maupun internasional yang datang. Sama halnya dengan tinju pro, tenis, bulutangkis, dan olahraga profesional yang lain. Hadiah akan menentukan jumlah dan kualitas pesertanya,” ujarnya.

User comments
Menpar Arief Yahya bersama tim juara Iran.

Tds masuk dalam lima besar jumlah penonton terbanyak berdasarkan catatan UCI (Union Cycliste Internationale). Peringkat I Tour de France 12 juta penonton, Giro A Italia 8 juga orang, Vueuta A Spanyol 5 juta orang, Santos de Tour Down Under 750 ribu dan TDS 550 ribu.

“Karena itu, momentum memiliki event yang mendunia ini harus dimaksimalkan benefitnya buat pariwisata nasional,” katanya.

Dari sisi pelaksanaan TdS 2015, Menpar memberi apresiasi yang tinggi kepada Chairman TDS 2015 Sapta Nirwandar, Pj Gubernur Reydonnyzar Moenek, 18 bupati dan walikota yang daerahnya dipakai untuk aktivitas TdS.

“Antusiasme penduduk di 18 kab-kota itu luar biasa. Hanya saja, dari sisi kunjungan wisatawan mancanegara, masih terlalu kecil buat Provinsi Sumatera Barat yang memiliki segalanya,” tutur Arief.

“Punya gunung berapi, hutan hijau lestari, sungai dengan air yang jernih, pantai di teluk Mandeh yang eksotik, Raja Ampatnya Sumatera, Paradise from the South, pulau-pulau yang indah, pasir putih yang bagus, sampai bawah laut yang menawan,” jelasnya.

TdS Bernilai Promosi Tinggi

Tour de Singkarak menjadi event yang sangat ditunggu-tunggu hampir seluruh masyarakat Sumatra Barat dan Indonesia pada umumnya. Arief Yahya mengatakan, Tour de Singkarak 2015 merupakan event yang memiliki value tinggi. Ajang balap sepeda terbesar pertama se-Indonesia dan nomor lima sedunia ini bisa mempromosikan daerah yang dilewatinya, juga Indonesia.

“Mohon event ini digunakan sebaik-baiknya karena memiliki value yang sangat tinggi. Keuntungan bisa lebih Rp 100 miliar. Maka dari itu gunakan event ini untuk mempromosikan wilayah masing-masing”, kata Arief.

Apa yang dikatakan Menteri Arif itu terlihat dari bertambahnya rute daerah yang turut memeriahkan ajang berskala internasional tersebut. Pada tahun ini, salah satunya ialah rute trek yang melalui Pasaman Barat.

Antusias masyarakat juga terlihat di hampir seluruh daerah mulai etape pertama hingga terakhir. Mereka tumpah ruah ke jalan untuk menyaksikan perlombaan yang diikuti oleh 135 pembalap dari dalam dan luar negeri tersebut. Hal itu tentunya membuat mereka bangga karena daerahnya menjadi dikenal dan harum di kancah dunia.

Adanya event ini juga memberikan dampak positif yang besar di segala lini. Selain dari segi olahraga, bidang lain seperti ekonomi dan pariwisata di daerah menjadi terangkat. (*/bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.