Hotel Bujet Mulai Merambah Pinggiran Kota

hotel bujetJakarta (Paradiso)- Persaingan bisnis yang ketat membuat kota besar seperti Jakarta hampir tidak menyisakan ruang bagi hotel bujet. Tak heran, pelaku bisnis hotel bujet mencari celah ke pinggiran kota besar maupun kota sekunder.

Guido Andriano, Corporate Director of Sales & Marketing Grahawita Santika mengatakan contoh, di Jakarta, Yogyakarta, dan Bali, pasokan hotel bujet sudah terlalu banyak. Dus, arah ekspansi hotel bujet Amaris tak ke kota-kota itu. Kami bergeser ke kawasan industri yang berkembang di pinggiran Jakarta seperti Cikarang, Bekasi dan Karawang.

“Selain potensi diinapi pengunjung lebih besar di kota pinggiran dan kota sekunder, bisnis hotel bujet juga menyuguhkan hitungan bisnis menggiurkan. Karena minim servis dan fasilitas, pengelola hotel bujet tak perlu merogoh biaya operasional sebesar hotel bintang. Asal tahu saja, komponen terbesar yang menyedot biaya operasional hotel bintang adalah air dan listrik. Selisih gross margin bisa mencapai 20%,” ujarnya.

Dikatakan, untuk tingkat okupansi hotel bujet Amaris, sepanjang tahun ini 76%. Catatan itu turun dari okupansi 2013 yakni 78%.

Pemain lain, PHM Hospitality juga menerapkan strategi yang sama. Pekan lalu, perusahaan itu menggelar peletakan batu pertama hotel kelolaan terbarunya yaitu The BnB di Cikarang di Bekasi. Meski baru mengelola satu hotel bujet, manajemen perusahaan itu sudah yakin betul pada potensi pasar hotel bujet yang masih legit.

Menurut Corporate Public Relations Manager PHM Hospitality Yulia Maria, pangsa pasar tergemuk justru berada di kelas menengah premium.

Sementara itu Archipelago International memilih wilayah Indonesia bagian timur sebagai bidikan ekspansi mereka.

“Karena Indonesia timur sedang berkembang dan menyimpan potensi pariwisata yang besar,” kata Nita Janita Ekaniana, Corporate Public Relation Manager Archipelago International.

Yakin dengan prospek yang menjanjikan dan strategi tepat, para pengelola hotel bujet siap melanjutkan ekspansi. Grahawita Santika berencana untuk menambah sepuluh hotel baru pada tahun depan. Sepuluh hotel itu akan menggenapi 44 hotel yang sudah beroperasi saat ini. Bahkan Archipelago juga akan menambah hotel di tahun 2015. (*/kontan)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.