Hotel di Malang Gencarkan Harga Promo Angkat Okupansi

Hotel Sahid MontanaMalang (Paradiso) – Hotel-hotel di Malang kini ramai-ramai menggelar diskon untuk menggenjot tingkat hunian (okupansi) selama Ramadhan yang biasanya terpuruk.

General Manager Hotel Sahid Montana dan Hotel Sahid Montana 2 Malang Slamet Sudiharto mengatakan memasuki Ramadan manajemen hotel tersebut memberikan kemudahan bagi  tamu berupa program diskon hingga 60% dari tarif  normal. Program tersebut hanya berlaku pada 29 Juni-27 Juli.

Sementara Vice President of Sales, Marketing and Distribution Accor Indonesia, Malaysia, dan Singapura Adi Satria mengatakan 36 hotel ibisStyles, ibis, dan ibis Budget di Indonesia selama program Ramadhan diberlakukan tarif khusus mulai dari Rp400.000/kamar termasuk sahur/sarapan bahkan kesempatan mendapatkan ratusan hadiah.

Begitu pun General Manager ibis Styles Malang Eksi Ayuningtsyas mengatakan lewat program-program tersebut pada Ramadan diharapkan tingkat hunian bisa mencapai 50%, sedangkan pemesanan sudah mencapai 40%. Karena itulah kami berupaya terus meningkatkan sehingga bisa mencapai 80% sampai akhir 2014.

Gunawan Tri Darma Putra General Manager Swiss-Belinn Malang mengatakan hotel tersebut juga berusaha meningkatkan tingkat hunian dengan menggelar promosi berupa diskon 33% selama program Ramadhan. Promosi berlaku mulai 26 Juni-25 Juli, sedangkan 26 Juli-2 Agustus memasuki paket Lebaran.

Dengan promosi seperti itu, maka diharapkan tingkat hunian selama Ramadan bisa bertahan di posisi 60% dari 203 unit kamar yang tersedia.

Selain berupaya meningkatkan tingkat hunian selama Ramadhan dengan berbagai program promo, kata Slamet, yang bisa dilakukan hotel untuk meningkatkan pendapatan dengan cara menggenjot penjualan makanan dan minuman.

Karena itulah, di Hotel Sahid Montana menawarkan paket takjil yang aneka jajanan tradisional. Ada31 jenis makanan dan minuman yang bisa dipesan pelanggan. Selain itu, hotel tersebut menjual paket berbuka puasa dengan layanan takjil, menu utama, dan minuman.

Hotel menjual pula nasi kotak untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan yang tidak bisa berbuka di restoran. Nasi kotak tersebut juka bisa dipesan pelanggan untuk dikirim ke rumah. Dengan cara itu, maka selama Ramadhan pendapatan food & beverage meningkat menjadi 60%, sedangkan pendapatan hotel 40%.

“Saya bersyukur karena  sudah ada pemesanan untuk paket berbuka puasa dari korporasi. Dengan kondisi pasar hotel yang lesu selama Ramadhan , maka tidak realistis mematok tingkat hunian yang tinggi. Karena itulah, tingkat hunian Sahid Montana Malang hanya dipatok 40% dari total kamar yang tersedia dan diharapkan setelah Ramadan tingkat hunian bisa meningkat lagi,” katanya.

Dikatakan, kami berharap sampai akhir 2014 tingkat hunian kami bisa mencapai rerata 60% lebih.

Upaya meningkatkan tingkat hunian selain dari pihak manajemen hotel sendiri, juga tidak terlepas dari peran pemerintah. Pemerintah diharapkan sering menggelar kegiatan yang bersifat nasional di Malang seperti kegiatan Penas 2014 sehingga dapat meningkatkan tingkat hunian hotel. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.