Ibu Gubernur Sulsel, Liestiaty F. Nurdin Terus Dukung Balimagis

Denpasar (Paradiso) – Upaya untuk menjadikan tenun dan songket makin lestari di tanah air serta menembus pasar dunia terus- menerus digalakkan. Adalah Desainer tenun dan songket, Anna Mariana yang selama ini terus menggalakannya. Kolaborasipun dengan pemerintah daerah hingga dengan penenun daerah pun terus diciptakan. Salah satu yang diwujudkannya adalah Balimagis, perpaduan motif Bali Makasar Bugis. Langkah awal sudah dimulai saat Sonny Sumarsono menjabat Plt Gubernur Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu. Untuk menindaklanjuti hal tersebut maka Anna Mariana menerima kunjungan Liestiaty F. Nurdin, isteri Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, pada Sabtu (20/10/2018) lalu untuk melihat dari dekat proses kerjasama yang telah berlangsung serta lebih memantapkan kolaborasi ini ke depannya. Kunjungan Ibu Liestiaty F. Nurdin ini berlangsung hangat dan Ibu Gubernur ini berharap agar kerjasama ini terus berlanjut. Selain mendapatkan motif dan karya baru juga semoga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Sulawesi Selatan, katanya.

Ide pembuatan dan pengembangan tenun dan songket Balimagis, khususnya untuk menciptakan motif kolaborasi antara Sulsel dan Bali, menurut Anna, sudah dirintis Pemprov Sulsel dan Bali, pada Agustus lalu. Ketika itu Penjabat Gubernur Sulsel, Dr Sumarsono, dan Kepala Dinas Perindustrian Sulsel Ahmadi Akil juga Kepala Dinas Perindustrian Bali I Putu Astawa, menandatangani Nota Kesepahaman antara Pemprov Sulsel dan Pemprov Bali di Lokasi Tenun Ikat Puteri Ayu, BlahBatu, Kabupaten Gianyar, Bali.

“Untuk kerjasama tersebut, Pak Sumarsono menunjuk saya dari House of Marsya, sebagai spesialis kain tenun dan songket Nusantara, untuk membuat dan menciptakan desain kain tenun dan songket perpaduan motif Bali dan Sulsel,” kata Anna. Menurut Anna, Soni Sumarsono pula yang langsung memberi nama tenun dan songket ini dengan nama Balimagis (Bali-Makassar Bugis).

Dalam kesepakatan bulan Agustus itu, House of Marsya juga dimandatkan untuk melakukan pelatihan dan pembinaan para penenun melalui kerjasama dengan usaha pertenunan binaan Puteri Ayu House of Marsya di Gianyar Bali. “Ini merupakan mitra binaan dan salah satu partner kami yang berada di Bali,” kata Anna.
Menurut Anna untuk menggarap bahan dasar tenun dan songket Balimagis, ia mencoba mengolahnya dari bahan katun-katun terbaik, katun sutra maupun sutra murni. “Selama ini Makassar sangat terkenal dengan songket khas dari sutra berwarna keemasan. Blink-blink!”

Sementara untuk desain pada tenun dan songket Balimagis, Anna mengaku membuat terobosan dan inovasi motif, yakni tetap memadukan icon-icon khas Bali dan Makassar, serta membuat beberapa pembaruan. “Seperti menerapkan motif bunga dan motif-motif yang bernuansa klasik modern. Namun unik, bernuansa etnik, sekaligus menarik, dan tetap memiliki karakter kuat dari Makassar dan Bali!” ungkap Anna.

Anna juga menyebut, desain itu dibuat dengan se-elegan mungkin. “Sehingga bisa dinikmati oleh semua golongan, mulai dari generasi milenial, menengah maupun kalangan berusia senior. Harganya pun kami buat bervariasi dan terjangkau!” 

Dalam waktu dekat, Balimagis akan segera dilaunching di Makasar. Dijadwalkan setelah Anna Mariana usai menghadiri undangan KBRI Jepang untuk menggelar Pagelaran Budaya Indonesia juga fashion show dari rancangan-rancangan terbaiknya di Jepang, pada November mendatang. 

Menurut Anna, dengan kolaborasi ini para perajin tenun dari Makassar akan terus dibina agar bisa mengembangkan produk ini. ”Agar produk ini berkembang lebih cepat dan luas baik di Makassar maupun Bali bahkan di seluruh Indonesia,” tutur Anna.

Sementara Ibu Liestiaty F. Nurdin mengaku gembira dengan kerjasama ini dan berharap produk ini bisa cepat direalisasikan dan para pengrajin di Sulawesi Selatanpun diberikan pelatihan-pelatihan agar mampu menciptakan produk ini. Sebagai Ketua Dekranasda Propinsi Sulawesi selatan, beliau akan mendorong masyarakat untuk menggunakan produk ini dalam setiap kesempatan agar produk ini makin berkembang. (Fr)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.