IKPJ Dikukuhkan Untuk Memajukan Pariwisata Jakarta Selatan

Jakarta (Paradiso) – Jakarta Selatan memiliki potensi pariwisata cukup besar, selain sebagai pusat kegiatan bisnis daerah ini juga menawarkan berbagai daya tarik budaya dan hiburan. Tak heran jika ratusan berbagai jenis bidang usaha pariwisata tumbuh subur di Jakarta Selatan, dari akomodasi, restoran hingga biro perjalanan berkembang pesat.

Dalam upaya meningkatkan kualitas dan pengembangan industri pariwisata di Jakarta Selatan, maka dibentuklah IKPJ (Ikatan Keluarga Pariwisata Jakarta). Pengukuhan IKPJ dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Kantor Walikota Jakarta Selatan, Jumat (13/07/2018), acara ini dihadiri Wakil Walikota Jakarta Selatan, Suku Dinas Parbud Jakarta Selatan, para stakeholder pariwisata dan ratusan anggota IKPJ.

H. Arifin, Wakil Walikota Jakarta Selatan mengungkapkan pentingnya menjaga silahturahmi antar pelaku industri untuk menguatkan hubungan bisnis yang baik.

“Saya berharap IKPJ ini bisa menjadi partner kami dalam membangun pariwisata di Jakarta Selatan. Teman-teman pelaku bisnis pariwisata ini yang berada didepan berhadapan langsung dengan wisatawan. Saya berharap dengan adanya IKPJ bisa mengoptimalkan pembangunan dan pengembangan pariwisata di Jakarta Selatan,” ungkap Arifin saat mengukuhkan pengurus IKPJ masa bakti 2018-2020 di gedung B, Kantor Walikota Jakarta Selatan, Jumat (13/07/2018).

Dalam acara pengukuhan IKPJ ini juga diisi Halal bihalal antar pelaku bisnis parawisata. Tidak hanya itu, acara semakin menarik dengan digelarnya talkshow sebagai ajang tukar pikiran antar pelaku bisnis dan pemerintah. Membahas kendala dan solusinya terhadap pengembangan pariwisata di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, membahas kebijakan pemerintah terhadap industri pariwisata dan hal lain yang terkait pariwisata. Acara semakin semarak dengan penampilan puluhan penari yang energik membawakan tarian khas betawi.

Wakil Walikota Jakarta Selatan, H. Arifin saat mengukuhkan pengurus IKPJ di kantor Walikota Jakarta Selatan, Jumat (13/07).

Pembina IKPJ Masri menjelaskan bahwa IKPJ merupakan wadah pemersatu pelaku industri pariwisata di Jakarta, khususnya Selatan.

“Saat ini IKPJ hanya ada di Jakarta Selatan, tempat bersilahturami antar pelaku industri pariwisata. IKPJ mempunyai visi mewujudkan industri dan pelaku usaha pariwisata yang berkualitas,
berkelanjutan dan mempunyai daya saing global,” ungkap Masri di kesempatan sama.

Sementara itu, Ketua IKPJ Hendri Thudor menjelaskan, IKPJ mempunyai misi untuk mewujudkan usaha pariwisata yang menjunjung nilai-nilai budaya. Kami juga bisa lebih profesional dalam mengelola usaha pariwisata. “Bisa mewujudkan komunikasi yang baik antar pelaku usaha pariwisata dengan pemerintah. Jadi kita bisa searah dengan pembangunan dan pengembangan pariwisata yang dilakukan pemerintah, khususnya Pemeritah Kota Administratif Jakarta Selatan,” ungkap Hendri.

Hendri menambahkan, dalam operasionalnya organisasi kepariwisataan IKPJ telah menyusun program kerja yang padat. Semua program kerja yang dibuat mengacu pada peningkatan kualitas pariwisata di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan.

“IKPJ bekerjasama dengan Suku Dinas Pariwisata Jakarta Selatan untuk mengamankan industri pariwisata yang bebas narkorba. Selain itu IKPJ juga memberikan pendidikan dan pelatihan kepada anggotanya untuk meningkatkan kualitas SDM pariwisata. Kami juga akan menggelar diskusi bulanan bersama pemerintah terkait kondisi pariwisata terkini, menemukenali hambatan dan bersama pemerintah mencari solusinya,” jelas Hendri.

Tidak hanya itu, ungkap Hendri, IKPJ juga akan menggelar kerjasama dengan pemerintah, swasta, organisasi lain terkait permasalahan sosial pada industri pariwisata.

“Selain itu juga akan melaksanakan pertemuan-pertemuan formal maupun informal pada seluruh anggota dalam rangka koordinasi strategi jangka pendek dan jangka panjang untuk kepentingan organisasi kedepan. Dan masih banyak program kerja kami lainnya,” pungkas Hendri.

Pengukuhan pengurus IKPJ dilakukan oleh Wakil Walikota Jakarta Selatan, H. Arifin dan mengacu pada pengesahan Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan pada Tahun 2018 No.61/2018 dengan mengaju pada pasal 11 huruf b Peraturan daerah Provinsi DKI Jakarta No.6 Tahun 2015 tentang kepariwisataan dan dalam rangka koordinasi dilaksanakan oleh anggota asosiasi kepariwisataan. (*)

Susunan Pengurus IKPJ:

Pembina : Masri – Sudin Parbud Jakarta Selatan
Ketua : Hendri – Sotis Hotel Falatehan
Wakil Ketua I : Eddy M – Mitra Sehat
Wakil Ketua II : Dotty Iravati – D’Cozie Hotel
Sekretaris I : Siti Rusdiana Dewi – Win Hotel
Sekretaris II : Firda – Amaris Tendean
Bendahara I : Marisa – Amaris Pangpol 1
Bendahara II : Ika Syahrir – Losari Hotel
Humas : Hernila Ningsih – Sahati Hotel, Arie Irwanto – Kyriad Hotel

Bidang-Bidang:

Bidang Diklat : Riyo Hananto – Neo Kebayoran, Marlinang – Amos Cozy Hotel
Bidang Pariwisata & Budaya : Nia – 678 Hotel & Spa, Ardi – PT Ziraq
Goldy (Tour Travel), Alien – Amos Cozy Hotel
Bidang Sosial & Even : Clara Erica P – Deros Spa, Abdul Choir – Liberta Hotel
Bidang Bisnis & Development : Andi F – Amaris Pangpol 2, Feby – F Hotel
Bidang Kerjasama Lembaga : Herman – Diskotik Jenja, Tresna – Menteng Group

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.