Indonesia Akan Bangun 7 Dermaga Kapal Pesiar

Jakarta (Paradiso) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo menyebutkan bahwa dalam waktu beberapa tahun ke depan Indonesia akan membangun tujuh marina atau pangkalan untuk yatch mewah milik pengusaha asing. Indroyono menyebutkan, pembangunan tujuh marina ini nantinya di Saumalaki, Ambon, Kupang, Tarakan, Labuan Bajo, Tanjung Pandan, dan Belitung.

“Karena biasanya pengusaha asing liburan lalu yacth-nya ditaruh di sini, dan biaya taruh di sini itu per bulannya USD300 sampai USD800 per bulan,” kata Indroyono di Kantornya, Jakarta, Senin (29/12/2014).

Sementara itu, Indroyono juga telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pengoptimalan devisa dari sektor pariwisata. “Kita sudah memberikan bebas visa terhadap lima negara, dan itu akan meningkatkan wisman kita,” tutupnya.

Pada 2015 Indonesia menargetkan 10 juta wisatawan asing. Angka ini diharapakan terus bertambah hingga 20 juta pada empat tahun mendatang dengan estimasi keuntungan US$ 2,4 miliar. Adapun saat ini Indonesia per tahunnya baru mampu mendatangkan 9 juta wisatawan.

Sebenarnya angka ini memiliki perbedaan signifikan bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Malaysia tercatat mampu mendatangkan 26 juta wisatawan per tahun, Thailand 24 juta sedangkan Singapura 15 juta.

Hal ini menurut Indroyono disebabkan karena negara tersebut menerapkan bebas visa bagi banyak negara. “Kenapa kita bisa beda jauh sekarang Malaysia saja sudah menerapkan bebas visa bagi 154 negara, Thailand 60 negara, sedangkan kita baru 15 negara,” terangnya.

Kedepan rencananya akan segera dilakukan pembebasan visa untuk lima negara yakni Tiongkok, Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Rusia. Melalui penambahan negara ini diharapkan mampu menggaet 450 ribu wisatawan baru per tahunnya. Jika dihitung per orangnya menyumbang devisa setidaknya sebesar US$ 1.200 maka per tahunnya total terdapat US$ 540 juta. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.