Indonesia Belum Jadi Tujuan Utama Liburan Imlek Warga Tiongkok

Jakarta (Paradiso) – Indonesia belum menjadi daerah tujuan wisata utama pada liburan Tahun Baru Imlek. Kantor Administrasi Nasional Pariwisata Tiongkok yang memperkirakan 5,19 juta orang dari negaranya berlibur ke mancanegara sepanjang liburan Imlek tahun ini.

Data menyebutkan sebagian besar warga Tiongkok masih menjadikan Korea Selatan sebagai negara tujuan utama wisata mereka, disusul Hong Kong, Makau, Jepang, Taiwan, Thailand, Maladewa dan Singapura.

“Tahun Baru Tiongkok, identik dengan mudik. Namun, beberapa tahun ini, banyak warga yang memanfaatkannya untuk berlibur ke luar negeri bersama keluarga,” Wang Zhuli dari biro perjalanan Caissa Touristic.

Meski harga tiket lebih tinggi dua hingga tiga kali lipat dibandingkan hari biasa, namun itu tidak menyurutkan warga Tiongkok untuk berlibur ke luar negeri saat perayaan tahun baru.

“Destinasi yang relatif dekat, akses yang singkat (penerbangan), pemandangan indah serta cuaca yang hangat, menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Tiongkok yang berlibur ke luar negeri saat perayaan tahun baru,” ungkap Wang Zhuli.

Sementara Wakil Presiden Garuda Indonesia untuk wilayah Tiongkok I Wayan Subagia mengakui Indonesia masih harus bersaing dengan Thailand, dan Maladewa dalam menggaet wisatawan asal Tiongkok baik saat Imlek dan kondisi biasa.

“Indonesia memiliki banyak daya tarik yang tidak kalah dengan Thailand atau Maldives. Karenanya kita memang masih harus banyak berbenah diri, agar semakin menarik, terutama kesiapan di dalam negeri,” katanya.

Garuda Indonesia sendiri telah mengadakan penerbangan tak berjadwal (carter) selain penerbangan reguler yang telah ada, selama liburan Imlek, demi meningkatkan arus wisatawan Tiongkok ke Indonesia, termasuk saat Imlek. Warga Tiongkok sebagian masih belum tahu Indonesia, termasuk juga Bali. Ini pekerjaan rumah kita semua.

“Garuda Indonesia membuka layanan penerbangan tak berjadwal dari sepuluh kota di Tiongkok daratan menuju Bali, selama liburan Imlek 2015 dari 29 Januari hingga 29 Maret. Sepuluh kota itu adalah Harbin, Xian, Shenyang, Chengzhou, Tiayuan, Chengdu, Chongqing, Ningbo, Wuhan dan Nanjing. “Rata-rata tingkat isian telah mencapai 100%,” ungkap Subagia. (*/ant)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.