Indonesia Bersiap Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

Jakarta (Paradiso) – Indonesia sudah siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang Moto GP. Lomba balap motor paling akbar sedunia┬átersebut akan digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, tahun 2017 mendatang. Sebelumnya Indonesia pernah menggelar ajang serupa pada tahun 1996 dan 1997.

“Bagi kami ini adalah sebuah kehormatan yang tinggi, bahwa negara besar seperti Indonesia dapat menggelar MotoGP, ajang balap motor tertua di dunia,” ujar Carmelo Ezpelata selaku CEO Dorna SL, penyelenggara MotoGP dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Rabu (20/5) malam.

Bahkan ia mengatakan, Indonesia bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan Moto GP selama lima tahun, dari 2017 hingga 2021. “Kami sudah banyak menggelar Moto GP di banyak negara, dan kami sangat setuju untuk digelar disini (Indonesia),” kata dia.

MotoGP 2017
Jumpa pers Indonesia Tuan Rumah Moto GP 2017 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (20/05).

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan penyelenggaraan ajang dengan level dunia tentu akan memberi efek yang besar bagi Indonesia. Ajang ini akan menjadi sarana efektif untuk mempromosikan branding pariwisata Wonderful Indonesia ke seluruh dunia. Sebab ajang bergengsi ini akan disaksikan langsung ratusan juta pemirsa di seluruh dunia.

Selama penyelenggaraan MotoGP di Indonesia, Arief telah menghitung total pengeluaran para peserta dalam empat hari berlangsungnya MotoGP dan keuntungan yang akan didapat. “Akan ada pengeluaran sekitar 91,73 juta dollar AS atau setara Rp 1,4 triliun. Direct Impact-nya 100 juta dollar AS. Media value-nya 200 juta dollar AS. Acara MotoGP ini juga memiliki nilai media exposure yang tinggi karena disiarkan secara langsung ke seluruh dunia melalui seratusan jaringan televisi internasional,” katanya.

Ketua Umum PP Ikatan Motor Indonesia (IMI) Nanan Soekarna menyatakan dukungannya atas penyelenggaraan event ini. Ia mengatakan penyelenggaraan MotoGP merupakan obsesi yang telah diimpikan sejak lama.

“Sekarang kementerian mendukung penuh. Kita punya waktu dua tahun untuk mempersiapkan diri karena ini menyangkut harkat dan martabat. Diharapkan suport dan masukan agar hal ini benar-benar terlaksana,” kata dia.

Turut hadir dalam acara ini Tinton Soeprapto (Direktur Sentul Circuit), Ananda Mikola (Manager Sentul Circuit), Rainer B (CEO Grand Prix Asia) serta perwakilan dari Kemenpora. (*/bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.