Indonesia dan Vietnam Jajaki Kerjasama Pariwisata

wisatawan vietnamJakarta (Paradiso) – Indonesia dan Vietnam mengadakan seminar untuk mempromosikan kerjasama di sektor pariwisata guna meningkatkan jumlah wisatawan di kedua negara.

“Vietnam dan Indonesia memiliki hubungan baik di segala sektor termasuk pariwisata, kami telah memiliki perjanjian bilateral yang sudah ditandatangani, dan mendapatkan komitmen untuk meningkatkan kerjasama di bidang pariwisata,” ujar Kepala Kerjasama Internasional dari Kementerian Pariwisata Vietnam Dinh Ngec Duc dalam seminar kerjasama pariwisata Vietnam Indonesia di Hanoi, Rabu (3/11).

Saat ini, pihak Kementerian Pariwisata Vietnam juga sedang banyak berfokus pada pasar di Indonesia bekerjasama dengan kementerian pariwisata di Indonesia untuk meningkatkan jumlah wisatawan, tambah Dinh Ngec Duc.

Sementara itu, menurut staf dari Kedutaan Besar RI untuk Vietnam di Hanoi, Ingan Malem berdasarkan data bahwa tren wisatawan Indonesia yang mengunjungi Vietnam meningkat setiap tahunnya.

“Kalau kita lihat bahwa jumlah wisatawan Indonesia ke Vietnam pada 2013 sekitar 40.000 dan tren itu masih terus meningkat pada tahun ini, kita juga berharap akan terus meningkat tahun depan, begitu juga wisatawan asal Vietnam ke Indonesia juga mengalami peningkatan,” ujar Ingan.

Menurut Ingan, peningkatan jumlah wisatawan itu didukung oleh meningkatnya pengetahuan kedua masyarakat atas potensi pariwisata di masing-masing negara.

Vietnam sendiri menawarkan banyak situs-situs pariwisata historis serta kebudayaan dan kuliner untuk wisatawan mancanegara. “Dalam seminar ini dibahas mengenai rintangan dan potensi dari masing-masing negara dan bagaimana langkah untuk meningkatkan kinerja di bidang pariwisata,” tambah Ingan.

Menurut salah satu operator pariwisata Indonesia Tedjo Iskandar, wisata di Vietnam makin banyak dilirik wisatawan Indonesia karena harga yang relatif murah.

“Namun, hal itu masih terkendala oleh belum adanya penerbangan langsung Jakarta-Hanoi yang menjadi destinasi favorit wisatawan Indonesia,” tambah Tedjo.

Diharapkan dalam waktu dekat pihak maskapai Vietnam Airlines dapat mengadakan penerbangan langsung untuk mengakomodasi para wisatawan Indonesia, sehingga dapat meningkatkan gairah di sektor tersebut. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.