Indonesia Indicator: Arief Yahya Menteri Paling Terkenal 2016

JAKARTA (Paradiso) –  Menteri Pariwisata Arief Yahya tercatat sebagai Menteri Terpegah 2016 dalam angka pemberitaan di media. Berdasarkan hasil riset Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software AI (Artificial Intelligence), dari 6.874.628 pemberitaan pada 1.443 media online selama 1 Januari hingga 5 Desember 2016, sosok Arief Yahya diberitakan sebanyak 38.104 berita.

“Tahun ini juga mencatat prestasi pemberitaan Arief Yahya yang meningkat tajam dibanding tahun-tahun yang lalu,” ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang dalam laporan risetnya bertajuk ” “Nama dalam Berita”. Indonesia Indicator menyusun 10 Menteri Terpegah 2016 dalam angka pemberitaan di media.

Menurut Rustika, Arief Yahya diberitakan rata-rata sebanyak 3.415 per bulan, didominasi oleh media-media lokal dari berbagai wilayah di Indonesia – hal ini berbeda dengan figur menteri lain yang lebih banyak diberitakan media nasional. “Prestasi lainnya tentang Arief Yahya adalah sentimen negatif yang ditujukan melalui framing pemberitaan mengenainya paling kecil, yakni sebanyak 5 persen,” ungkap Rustika.

Menteri Terpegah kedua ditempati Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dengan 25.463 berita. Menko Maritim Luhut Pandjaitan menjadi menteri yang paling banyak diberitakan media massa nomor tiga dengan 25.060 berita dalam setahun. Peringkat keempat Menteri Terpegah 2016 ditempati Menpora Imam Nahrawi dengan 22.617 berita.

Sri Mulyani Indrawati merupakan menteri yang paling menarik perhatian media. Dalam rangking kali ini, ia mencatat di posisi ke lima Menteri Terpegah 2016, meskipun ia baru muncul di bulan Juli setelah reshuffle kabinet dilakukan. Dalam enam bulan terakhir, ia diberitakan rata-rata sebanyak 4158 berita setiap bulan – lebih tinggi daripada Arief Yahya.

Peringkat keenam hingga ke-10 menteri terpegah ditempati oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dengan 20.807 berita, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan 20.205 berita,  Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti  dengan 18.916 berita, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution dengan 18.893 berita, serta Menkum HAM Yasonna H Laoly dengan 18.784 berita.

“Secara keseluruhan, nama yang paling banyak diberitakan di media merupakan figur yang menduduki jabatan pemerintahan (37 persen), disusul atlet (30 persen), politisi (16 persen), serta Polri (6 persen),” papar Rustika.  Menurut dia, pejabat mendapatkan panggung paling besar yakni sebanyak 48 persen, berita tentang atlet 23 persen, serta berita tentang politisi — meskipun secara akumulasi jumlah pemberitaan, isu politiklah yang mendominasi potret media 2016 hingga 49 persen. (*)

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.