Indonesia Kampiun Tour de Linggarjati, Janji Bawa Pebalap Dunia Kelas Wahid

KUNINGAN- Perhelatan Tour de Linggar Jati membawa harum nama Indonesia dan Kuningan Jawa Barat. Itu setelah, Pebalap KFC Cycling Team, Agung Ali Sahbana berhasil menyabet gelar juara perhelatan skala international tersebut. Agung mencatat total waktu tercepat 9 jam 35 menit 5 detik dari tiga etape yang dilombakan. Meski hanya menempati urutan ke-7 di etape terakhir, Minggu (30/10/2016), itu sudah cukup bagi pembalap asal Jawa Barat ini untuk memenangkan balap sepeda yang menempuh 340,7 km ini.

Di peringkat kedua, Jamal dengan catatan waktu total 09:35:27. Sementara Aiman yang mencatat total waktu 09:35:55, berada di peringkat ketiga.Kesuksesan dua pembalapnya di urutan teratas, tak membuat KFC menjadijuara TDL 2016 untuk kategori tim. Klub KFC hanya menjadi runner up dengan catatan waktu rata-rata 05:03:39, di bawah tim juara CCN dengan catatan 04:54:16.

Untuk gelar raja tanjakan disabet oleh Aiman dengan total 12 poin. Sedangkan gelar sprinter terbaik menjadi milik Hari. Seusai balapan, Agung mengaku sempat kesulitan bersaing di trek lurus pada Etape III. Ia pun akhirnya hanya fokus menempel Aiman yang menjadi rival terbesarnya dalam catatan waktu total lomba itu.Di etape III ini, TDL hanya diikuti 58 pembalap yang tersisa dan menggunakan sistem circuit race atau criterium. Para pembalap diharuskan menempuh rute yang sama dalam beberapa kali putaran.Dalam TDL 2016 ini, criterium terbagi dalam 2 rute. Namun start dan finis berlokasi di depan pendopo Kabupaten Kuningan.

Persaingan ketat semakin terlihat saat pembalap Filipina, George Louis Oconer dari klub Go for Gold finis terdepan dengan catatan waktu 3 jam 43 menit 21 detik. Disusul oleh pembalap Malaysia Muhammad Zawawi (NSC Mycron Malaysia) dan Hari dengan catatan waktu sama, 03:43:30. Sementara itu Aiman, Jamal dan Agung finish di urutan 5, 6 dan 7 dengan catatan yang sama 04:46:00. Dengan begitu, tak ada satu pembalap dan satu tim pun yang mampu menjuarai satu etape lebih dari satu kali. Juara tetap di tangan Indonesia.

Kerja keras panitia Tour de Linggarjati (TdL) dan sokongan penuh dari Bupati H Acep Purnama, membuat even berskala internasional itu sukses dalam penyelenggaraan. Bahkan promosi sport tourism Kabupaten Kuningan ke dunia internasional melalui balap sepeda juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Secara keseuluruhan, para pembalap menyukai beratnya medan yang harus dilalui di TdL tahun ini. Mereka juga berjanji akan kembali datang ke Kuningan, jika even serupa digelar tahun depan. “Saya sudah turun di beberapa tour namun baru kali ini menemukan trek yang sama sekali tidak ada jalan yang rata dan lurus. Kalau di Tour de Singkarak sehabis nanjak, saya bertemu jalan yang lurus dan datar. Tapi di sini (Kuningan, red) begitu nanjak, langsung turun dan nanjak lagi. Benar-benar menguras stamina dan konsentrasi,” papar pembalap asal klub NSC Malaysia, Muhammad Zawawi Bin Azman saat konferensi pers usai balapan, kemarin (30/10).

Ketua Commissaire dari Federasi Sepada Dunia, William Pattrick menilai, kondisi jalur Tour de Linggarjati memang memiliki jalur yang unik dan menantang dengan kehadiran banyak tanjakan dan turunan serta tikungan tajam. Patrick memuji kesiapan panitia selama pelaksanaan, dan menganggap jika TdL ini layak diikuti pembalap kelas wahid dunia ke depannya. Dia juga berjanji akan datang lagi tahun depan dengan membawa pembalap-pembalap internasional.

Warga negara Australia itu juga mengacungkan jempolnya untuk aparat keamanan baik dari kepolisian, TNI, Satpol PP dan lainnya sehingga pelaksanaan TdL berjalan sesuai rencana. Termasuk juga sikap profesionalisme panitai TdL yang benar-benar memperhatikan keselamatan para pembalap. “Dari awal pertandingan, semuanya oke, jalur yang dilalui dan support dari masyarakat juga oke. Mengenai jalur memang terdapat banyak tanjakan dan turunan serta kelokan yang cukup tajam sehingga perlu teknik dan tantangan tersendiri bagi para pembalap. Saya senang etape pertama bisa berjalan dengan lancar. Saya sangat berterima kasih kepada panitia, aparat keamanan dan masyarakat Kabupaten Kuningan yang sudah bekerja keras menyukseskan Tour de Linggarjati,” ungkap Pattrick. (*)

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.