Indonesia Rintis Konsorsium Sekolah Pariwisata se-Asean

Noviendi Makalam
Noviendi Makalam

Jakarta (Paradiso) – Indonesia merintis pembentukan konsorsium sekolah tinggi dan perguruan tinggi bidang pariwisata se-Asean untuk merespon pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Untuk tahap awal kita merintis konsorsium tiga perguruan tinggi antara Indonesia, Thailand, dan Malaysia,” kata Kepala Biro Kerja sama Luar Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Noviendi Makalam di Jakarta.

Ia mengatakan rintisan konsorsium itu mulai dibahas dalam forum Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangles (IMTGT) yang digelar awal Juli 2014 di Thailand.

Tiga perguruan tinggi pariwisata yang diinisiasikan dalam program itu yakni Akademi Pariwisata (Akpar) Medan, University of Malaya, dan Songklah University. “Ini salah satu langkah mengembangkan aliansi pendidikan pariwisata di wilayah Asean menjelang MEA,” katanya.

Noviendi mengatakan saat ini pihaknya masih terus mematangkan rencana itu salah satunya dalam “working group on tourism” di Thailand dalam waktu dekat ini.

Menurut dia pembentukan konsorsium perguruan tinggi pariwisata mulai segera dirintis sebagai wadah koordinasi pendidikan di bidang pariwisata sekaligus menghasilkan tenaga kerja pariwisata dengan standar kompetensi yang baik. “Tidak lama lagi kita juga akan menjadi tuan rumah untuk Forum IMTGT bidang Tourism yang akan datang,” katanya.

Pihaknya sedang menjajaki Belitung sebagai lokasi tempat berlangsungnya forum pariwisata tiga negara tersebut. (*/ant)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.