Indonesia Targetkan Peringkat Daya Saing Pariwisata Meningkat

daya saing pariwisataJakarta (Paradiso) – Kemenpar memasang target yang berani untuk tingkat daya saing pariwisata Indonesia di level dunia. Dari peringkat 70, Indonesia akan membidik peringkat 30. Punya strategi apa? Daya saing pariwisata suatu negara pada level dunia diukur dalam (Travel and Tourism Competitiveness Index) dari World Economic Forum. Dalam Rapat Koordinasi Pemasaran Pariwisata Kemenpar, mereka berencana menaikan level Indonesia ke ranking 30.

“Indonesia akan meningkatkan daya saing yang saat ini ranking 70 ditargetkan menjadi ranking 30,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasaran Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Andayani saat pembacaan hasil Rapat Koordinasi Pemasaran Pariwisata di Grand Mercure Hotel, Jakarta, Selasa (2/12) malam.

Pemasaran pariwisata diharapkan bisa dilakukan bersama melalui konsep Indonesia Incorporated. Pemangku kepentingan pariwisata diharapkan melakukan promosi yang lebih giat secara bersama-sama dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

Untuk mencapai target peringkat ke-30 ini dibutuhkan adanya kerjasama dan keselarasan antara Kementerian Pariwisata dengan seluruh pemangku kepentingan pariwisata di Indonesia.

Sebagai upaya menyelaraskan program Kemenpar dengan pemangku kepentingan pariwisata Indonesia, digelar Rapat Koordinasi Pariwisata. Rapat ini dihadiri oleh kementerian terkait, Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia, industri dan asosiasi pariwisata serta akademisi.

Perwakilan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) dan country manager Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) dari 13 negara juga turut hadir dalam rapat ini. Sebelumnya , VITO telah melakukan pertemuan di Jakarta yang membahas strategi promosi pariwisata Indonesia. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.