Indonesia Tuan Rumah World Surf League Asia

JAKARTA (Paradiso) – World Surf League (WSL), lembaga liga surfing kelas internasional, baru saja  meluncurkan kembali WSL Jepang menjadi WSL Asia yang bermarkas di Jepang dan siap memperluas  diri ke beberapa daerah seperti Tiongkok, Indonesia, Maldives, Filipina, Korea Selatan, India, Taiwan,  Vietnam, dan Sri Lanka. WSL  berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mempromosikan daerah  Asia melalui kegiatan tahunannya, yang kali ini akan diselenggarakan di Indonesia, bertajuk  Krui Pro 2017.

Krui  Pro  akan menjadi ajang  unjuk keahlian para peselancar  pria  dan wanita dalam  liga  Qualifying Series  (QS)  1,000, yang akan diselenggarakan pada 15-20 April 2017, di Ujung Bocur,  di dekat kota  Krui. Daerah ini terletak di Kabupaten Pesisir Barat, Selatan Sumatera, dan memiliki ombak yang besar dan menantang.

Dinyatakan sebagai daerah yang memiliki ombak paling konsisten dan beragam, Ujung Bocur memiliki gulungan  ombak  yang  besar  dan  selaras,  menantang  dengan  adanya  dinding  ombak  curam  serta bagian  udara  dengan  tingkat  kecil  dan  menengah.  Lebih  lanjut,  ajang  ini  akan  menjadi  kompetisi internasional pesela ncar profesional pertama yang diselenggarakan di daerah Selatan Sumatera.

“Ajang ini merupakan kompetisi  awal yang luar biasa bagi WSL Asia dan Krui. Banyak peselancar yang mengetahui Krui dan daerah Selatan  Sumatera, karena banyaknya homestay dan Warga  Negara Asing yang datang untuk berselancar selama kurang lebih 20 tahun. Tetapi, selama itu  juga  belum pernah ada  kompetisi  selancar  internasional  yang  diselenggarakan,  karena  belum  adanya  pihak  yang mendukung  secara  finansial  hingga  sekarang,”  ungkap  Tim  Hain,  pendamping  WSL  dalam menyelenggarakan kompetisi selancar di daerah Asia.

Krui Pro 2017 dapat juga secara langsung dihubungkan dengan Asian Games  2018 yang akan datang, dengan  selancar  sebagai  salah  satu  cabang  olahraga  yang  diikutsertakan  pada  ajang  tersebut. Pemerintah  provinsi  Krui  pun  telah  mendaftarkan  diri  sebagai  salah  satu  calon  lokasi  potensial kompetisi  selancar  di  Asian  Games  2018.  Meski  demikian,  Krui  bukanlah  satu -satunya  daerah  di Indonesia yang dijadwalkan menjadi tuan rumah WSL QS tahun ini. Pantai Keramas di Bali, Pacitan di Jawa  Timur,  Maluk  di  Sumbawa  Barat  dan  Pulau  Rote  di  Nusa  Tenggara  Timur  juga  berencana menyelenggarakan ajang WSL QS di tahun 2017.

“Indonesia,  tanpa  diragukan  lagi,  memiliki  beberapa  ombak  terbaik  dan  peselanca r  bertalenta  di dunia,  sehingga  ketika  pemerintah  daerah  menyadari  bahwa  mereka  berpotensi  menumbuhkan pariwisata  di daerah  mereka,  dengan  persediaan  gulungan  ombak  Samudera  Hindia  tanpa  batas, kompetisi selancar WSL merupakan langkah ideal untuk menyuarakan keberadaan mereka di dunia,”lanjut Tim. “Peselancar internasional senang berkunjung ke Indonesia, sehingga mengikuti ajang WSL merupakan alasan sempurna bagi mereka untuk berkunjung, berkompetisi dan berselancar dengan bebas di sana.”

Ajang seperti  Krui Pro 2017  juga  menumbuhkan komunitas peselancar di Indonesia dan Asia, serta menyediakan sebuah jalan  bagi peselancar  Asia  untuk  dapat  berkompetisi di  World  Championship Tour (WCT), ajang tertinggi bagi para peselancar profesional, suatu hari nanti. Ajang ini juga bertujuan untuk  menampilkan  Krui  kepada  penonton  internasional,  dalam  rangka  meningkatkan  jumlah wisatawan ke daerah tersebut.

Krui Pro 2017 merupakan ajang para peselancar internasional berkumpul, baik pria dan wanita, dari berbagai negara termasuk Australia, Jepang, Filipina, Brazil, New Zealand, dan tentu saja Indonesia.Bupati  Kabupaten  Pesisir  Barat,  Selatan Sumatera,  Agus  Istiqlal,  beserta dengan  seluruh  sponsor ajang ini, juga turut menyatakan dukungannya. “Sebagai Bupati daerah ini, saya bangga bahwa kami dapat menjadi tuan rumah bagi kompetisi selancar internasional melalui Krui Pro yang terselenggara di bulan  April, dan kami siap untuk menyambut para peselanca r dari seluruh dunia. Mewakili masyarakat di daerah ini, kami ingin berterima kasih sebelumnya kepada WSL dan para peselancar yang akan berkunjung, dan kami tidak sabar untuk berjumpa dengan Anda semua,” ujarnya.

Krui Pro 2017 akan diselenggarakan 15-20 April, 2017. Untuk informasi lebih lanjut mengenai  World Surf League, kunjungi worldsurfleague.com. (*)

Facebook Comments

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.