Industri Kreatif Indonesia Didorong Bisa Unggul di Asean

dekranasJakarta (Paradiso) – Ibu Negara, Ani Yudhoyono yang mendorong pelaku industri kreatif untuk mengambil kesempatan menjadi pemain kawasan saat diberlakukannya Komunitas Ekonomi ASEAN pada 2015.

“Masyarakat ekonomi ASEAN harusnya jadi kesempatan dan tantangan bagi kita semua untuk naik kelas dari local player menjadi regional player. Peningkatan peran itu, diperlukan mengingat perdaganganan antaranggota ASEAN semakin terbuka pada 2015 sehingga pergerakan barang, jasa dan investasi yang lebih bebas,” ujarnya.

Dikatakan, kalau barang dan jasa yang kita jual di dalam negeri atau negara ASEAN lainnya jauh lebih mahal dan mutu mereka lebih baik, para konsumen akan membeli produk negara lain itu. Oleh karena itu, mari terus tingkatkan mutu dan kualitas produk kita, termasuk harga yang bisa bersaing.

“Secara khusus saya juga mendorong Dekranas untuk turut berperan meningkatkan kualitas produk dan manajemen pemasaran para perajin agar mereka memiliki peluang lebih besar untuk bersaing dalam Komunitas ASEAN 2015,” katanya.

Ditambahkannya, saya minta para pelaku industri kreatif tidak perlu khawatir menghadapi Komunitas Ekonomi ASEAN 2015 karena berdasarkan data Bank Dunia, Indonesia termasuk dalam 10 ekonomi besar dunia berdasarkan daya beli sehingga memiliki peran penting di Asia Tenggara.

“Bahwa kontribusi ekonomi kreatif cukup besar, yaitu mencapai Rp10 triliun pada 2013. Jika terdapat 65 kriya Indonesia yang mendapatkan Seal of Excellence dan UNESCO Award of Excellence for Handicrafts yang menunjukkan bahwa para perajin dan seniman Indonesia mampu bersaing. Indonesia juga disebutkan akan menjadi tuan rumah World Craft Council 2014,” ungkapnya. (*/ant)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.