Industri Pariwisata Paling Siap Hadapi Pasar Bebas

wisatawanJakarta (Paradiso) – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencatat dari 12 sektor yang akan dibuka pada era pasar bebas, MEA akhir tahun depan, sektor pariwisata dinilai yang paling siap bersaing.

Deputi Bidang Kemiskinan, Ketenagakerjaan dan Usaha Kecil Menegah (UKM) Kementerian PPN/Bappenas, Rahma Iriyanti sektor pariwisata bersama 7 sektor lainnya telah memenuhi standarisasi MEA atau yang lebih dikenal dengan Mutual Recognition Agreement (MRA).

“Keunggulan kita sebenarnya pariwisata. Ada beberapa lainnya itu sudah ada MRA-nya. Sektor pariwisata yang paling siap,” tutur Iriyanti di Jakarta.

Menurut dia, kesiapan sektor tersebut lebih karena didorong oleh keteraturan pengelolaan lingkungan bisnis pariwisata yang selama ini terkoordinir dalam sebuah asosiasi yakni Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

“Mereka itu (PHRI) sudah memetakan standar kompetensinya. Kemudian asosiasi profesi PHRI sangat menguntungkan, karena dia yang tahu persisi kompetensi apa yang ada,” terangnya.

Dia menambahkan, beberapa sektor lainya perlu mencontohi strategi yang terbangun di sektor pariwisata untuk mempersiapkan diri menyongsong penerapan MEA akhir 2015 nanti. “Ini harusnya diikuti oleh asosiasi sektor lain. Kan kita punya asosiasi otomotif, sektor banyak sekali,” pungkasnya.       (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.