Ini 10 Kuliner Paling Enak di Pati, Cicipi yuk

PATI (Paradiso) – Sebagai kota yang tidak terlalu besar, Pati memiliki potensi yang luar biasa. Terutama untuk masalah kuliner. Sangat jempolan. Karena, varian makanannya banyak. Rasanya dijamin bikin ketagihan. Nuansanya klasik Jawa. Paket komplit untuk berwisata kuliner.

“Pati banyak menyimpan harta karun kuliner. Sangat recommended untuk kuliner tradisional. Terutama saat #PesonaMudik2019,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Senin ( 27/5).

Buat kalian yang belum akrab dengan Pati, Yuk simak 10 wisata kulinernya. Berikut panduan#pesonamudik2019.

  1. Nasi Gandul

Nasi Gandul bercita rasa gurih mirip gulai. Penyajiannya unik. Disajikan dengan dialasi daun pisang, bersendok suru

Isinya banyak. Ada potongan daging, babat, iso juga telur bacem. Tak lupa tempe garit digoreng renyah.

  1. Soto Kemiri

Soto kemiri berkuah hangat. Enak dinikmati malam hari. Kuah sotonya terbuat dari kemiri dan kuah kaldu. Disajikan dalam mangkuk keramik China kecil.

Isi soto berupa nasi putih, tauge rebus, suwiran ayam dan bawang putih goreng. Dengan sedikit siraman kuah soto.
Slurp! Kaldunya gurih dengan rasa soto nikmatnya. Apalagi ketika menyeruput kuahnya, terasa mantap. Ditambah dengan air jeruk nipis, segar banget.

  1. Petis Runting

Kulinernya cair namun agak kental. Terbuat dari tepung beras dengan bahan daging kambing atau balungan/tulang kambing, sum-sum yang biasa dinikmati dalam kondisi panas.

Rasanya sangat lezat. Yang punya masalah dengan kolesterol, tak perlu khawatir. Daging kambingnya diolah sangat higienis. Sangat aman disantap semua kalangan.

  1. Sego Tewel

Nasi disajikan di daun jati lalu diguyur sayur nangka. Sangat pas dikombinasikan kuah santan encer. Lauknya tempe goreng atau bakwan goreng. Plus peyek kacang jika suka.

Kuahnya sueger. Tewelnya empuk. Rasanya pedas banget. Cocok ditemani es teh manis.

  1. Jangan Tewel (sayur nangka muda)

Sayur nangka dengan rasa pedas. Sangat menggugah selera. Disajikan di atas piring dialasi daun jati. Ditambah Lauk-pauk seperti, tempe goreng, ampela hati, keripik udang dan dadar telor. Nikmat banget disantap dengan nasi hangat.

  1. Mangut Kepala Manyung Kuahnya lezat. Kepala ikannya renyah dan gurih. Bumbunya Kaya akan rempah-rempah. Sangat nikmat saat disantap.

Sebelum dimasak kepala ikan manyung diasap. Lalu diberi santan. Agar kuat cita rasa lezatnya.Masukan bumbu rempah, sampai meresap. Saat mencicipi mangut kepala ikan manyung, rasanya nampol banget

  1. Jangan Tempe Pedes

Masakannha berupa kuah santan.Terbuat dari tempe busuk atau semangit. Dengan bumbu sangat pedas didominasi, ketumbar, cabe dan merica.

Rasa pedasnya luar biasa. Cocok dengan nasi hangat. Ditemani segelas es jeruk.
Bagi penderita sakit maag harap berhati-hati.pastikan kondisi lambung anda tak bermasalah.

  1. Rumah Makan Kembang Joyo

Konsep tempat ini identik nuansa klasik-Jawa. Mengingatkan kembali untuk mencintai kuliner Nusantara. Selain itu, masakan paling terkenal adalah ayam goreng.

Ayam gorengnya betul-betul gurih. disajikan bersama nasi panas, lalap sayuran, dan sambal dengan perasan jeruk limau. Mantap untuk disantap.

  1. Sayur Merica

Masakan ikan laut seperti kakap, kerapu, ikan ekor kuning atau manyung segar berkuah bening. Dengan rasa pedas merica, cabe dan asamnya tomat atau asam Jawa. Khas dari masakan ini adalah daun singkil sebagai penyedap penghilang aroma amis.

Sangat pas untuk makan siang. Dan es kelapa muda, makin mantul.

10.Sego Gandul

Nasi yang diberi daging kuah. Kombinasinya lauk pauk, empal, kulit, hati, lidah, dan paru. Bumbunya seperti dibacem. Diberi kecap manis, bawang merah goreng, dan sambel. Setelah itu diguyur kuah kental. Rasanya maknyuuss.

Salah satu yang khas, alas makannya daun pisang. Daun pisang ini memberi citarasa khas sego gandul. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.