Ini Destinasi Wisata di Jombang yang Wajib Dikunjungi saat Mudik

JAKARTA (Paradiso) – Jombang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terletak di antara jalur utama yang menghubungkan Surabaya dengan Madiun. Kota ini dikenal sebagai Kota Santri. Karena, memiliki pondok pesantren terkenal salah satunya Tebuireng.

Bila melewati wilayah Jombang saat perjalanan #PesonaMudik2019 tak perlu bingung mencari tempat wisata. Ada banyak destinasi wisata yang ciamik walaupun Jombang tidak memiliki garis pantai, namun tetap tidak kehilangan pesona wisata alamnya. Ada wisata edukasi sejarah, spot selfie kekinian, hingga tempat wisata di Jombang yang tersembunyi dan belum banyak dikenal orang.

“Mari mampir ke tempat wisata di Jombang bila lewat wilayah ini,” ajak Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Berikut beberapa tempat wisata Jombang dan sekitarnya. Yuk simak!

  • Kedung Cinet

Kerap disebut Gren Canyon Mini ala Jombang tempat wisata Kedung Cinet ini menawarkan keindahan air jernih dengan dasar bebatuan yang cantik. Selain itu, wisata ini juga memiliki panorama hutan hijau yang rimbun sehingga udara yang dihasilkan masih sangat segar.

Tempat wisata di Jombang Kedung Cinet ini berlokasi di Desa Pojok Klitih, Plandaan, Jombang, tepatnya 10 km dari Jembatan Ploso Brantas. Lokasi ini juga menjadi salah satu tujuan tempat wisata yang instagramable di Jombang.

  • Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes ini memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona. Air terjun ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian aliran air sekitar 158 meter. Bagian paling atas air terjun ini berada di ketinggian 1250 mdpl.

Lokasi air terjun ini berada di kompleks Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo di Gunung Jurung Guah dan masih merupakan kawasan hutan lindung Gunung Anjasmoro. Lokasi wisata Air Terjun Jombang ini masih sangat asri dan terjaga keindahannya. Apabila ingin berkunjung ke lokasi ini, silakan menuju ke Pangajaran, Desa Gelengdowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

  • Wisata Bale Tani Jombang

Jombang memiliki wahana edukasi baru yakni Bale Tani yang menawarkan berbagai hal seputar pertanian. Ada hidroponik, persawahan, hortikultura, ladang, perikanan darat dan peternakan sapi. Wisata ini dilengkapi dengan sebuah musholla, tujuh buah rumah panggung, kolam renang anak, karaoke keluarga, dan beberapa spot foto hits kekininian.

Jalan-jalan ke destinasi ini belum lengkap rasanya bila belum berfoto dengan latar belakang unik, tentu akan nampak instagramable bila dicapture dengan bagus. Seperti gambar sayap besar, di sela-sela tanaman sayur, kursi cantik dengan hiasan dinding berbentuk love, ayunan kursi malas, dan rumah pohon mirip pagupon yang unik dan so beautiful. Tertarik, silahkan mampir ke Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

  • Bukit Hijau Carangwulung

Bukit Hijau Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur adalah salah satu wisata baru di Jombang yang sedang hits. Destinasi ini merupakan area pepohonan pinus yang dihiasi dengan spot foto kekinian.

Di sana, kamu bisa hunting foto instagramable di beberapa sudutnya. Seperti spot foto kupu-kupu, love dari ranting, tulisan kekinian dari bambu, sepeda digantung, dan hingga rumah pohon.

Taman Ponggok Banjarsari

Taman Ponggok Banjarsari menjadi salah satu incaran tempat liburan kekinian yang sekarang populer dan digandrungi anak-anak zaman sekarang. Destinasi wisata di Dusun Ponggok, Desa Banjarsari, kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini termasuk dari objek wisata yang sekarang lagi hits di kabupaten Jombang.

Taman bunga ini menghadirkan jenis bunga gumitir atau bunga marigold yang berwarna kuning – orange. Selain bunga marigold, terdapat juga tanaman bunga matahari, labu, padi, kedelai dan jagung. Setidaknya, ada sekitar 200 jenis tanaman pangan dan non pangan yang ditanam di agrowisata terbaru ini.

  • Wisata Alam Banyu Mili

Wisata Alam Banyu Mili di Desa Carang Wulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini merupakan wisata di Kabupaten Jombang yang resmi dibuka pada November 2017. Destinasi wisata ini menawarkan sensasi liburan seru dengan jalur trekking menantang dengan keindahan alam yang bikin adem pikiran.

Terdapat hammock di area sekitar yang bisa kamu gunakan bilamana merasa lelah saat mengitari lokasi. Bahkan tersedia beberapa warung dengan sajian kopi, minuman dingin hingga mie instan. Selain lingkungan alam yang masih sangat asri, di kawasan wisata ini juga terdapat beberapa spot foto hits kekinian. Mulai dari Rumah Hobbit, hingga gelas raksasa yang menumpahkan air.

  • Alas Gedangan Mojoagung

Alas Gedangan Mojoagung merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sedang naik daun di Kabupaten Jombang yang wajib kamu explore keindahannya. Berlokasi di Dusun Gedangan, Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini kamu bisa mengexplore beragam spot foto.

Mulai dari gardu pandang, rumah kayu, replika sarang burung dan beberapa spot lainnya di area selfie yang tersedia. Satu lagi yang tidak boleh kamu lewatkan adalah momen sunrise di Bukit Sunrise. Sesuai dengan namanya, kamu bisa menikmati keindahan sunrise nan eksotis di bukit ini.

  • Kampoeng Djawi Jombang

Kampoeng Djawi berlokasi di Desa Gondang, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Destinasi wisata ini berada pada ketinggian 750 meter diatas permukaan laut dikelilingi pegunungan dan hamparan sawah di sekitar.

Kampoeng Djawi merupakan sebuah tempat ideal untuk melakukan rekreasi dan bergembira, melepaskan penat dan beban aktifitas sehari-hari dan mendapatkan kembali rasa fresh dalam diri. Kamu akan terbawa suasana perkampungan dengan sentuhan arsitektur jawa dan budayanya yang sejiwa dengan keramahan penduduk desa Carangwulung.

Suasana yang rekreatif dengan dilengkapi fasilitas kegiatan outdoor seperti high rope, flying fox, ampi theater, kolam renang, arena shooting target, pendapa joglo, dan bisamelakukan kegiatan rafting di Kali Boro (Sungai Boro), off road, motor cross dan mountain bike.

  • Kedung Sewu Jombang

Spot wisata alam di Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini terlihat sangat unik nan eksotis dengan rangkaian cekungan kecil berisi air yang terbentuk alami. Di kedung, nampak aliran sungai panjang berkelok-kelok. Di kiri dan kanan sungai inilah terdapat banyak kedung dengan ukuran kecil.

Kedung-kedung ini terletak diantara bebatuan raksasa, melalui proses alami selama ribuan-jutaan tahun, hingga tercipta puluhan cekungan yang terisi air sungai. Di kedung sewu, kamu tidak dapat berenang, hanya bisa berendam atau mandi. Namun, hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah berselfie dan berfoto.

  • Wana Wisata Sumber Biru

Seperti apa rasanya menikmati secangkir kopi di tengah sungai dengan alirannya yang tenang? Jika tertarik mencobanya, kamu bisa datang ke Wana Wisata Sumber Biru.

Lokasi wisata di Wonotirto, Wonomerto, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini bukan hanya menyuguhkan pesona alam dan nuansa yang anti-mainstream serta Instagrammable, kamu bisa bersantai sembari mengudap kuliner khas Jombang yang asyik. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.