Investasi ke Nusa Tenggara Barat Capai Rp 4,04 Triliun

pariwisata lombokJakarta (Paradiso) – Sempat tersendat di triwulan I/2014, investasi yang masuk Nusa Tenggara Barat (NTB) pada akhir triwulan II/2014 mulai menunjukkan peningkatan.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BKPM-PT) Nusa Tenggara Barat (NTB) sampai penghujung Juni mencapai Rp4,04 triliun, dari total target realisasi akhir tahun Rp6 triliun. Adapun komposisi investasinya, penanaman modal dalam negeri (PMDN) Rp449 miliar, dan modal asing (PMA) mencapai Rp3,6 triliun.

Kepala BKPM-PT NTB Bayu Windia, mengatakan melihat pencapaian itu, pihaknya optimis akhir tahun ini target akan terpenuhi. Biasanya, pada semester kedua, jumlah investasi akan lebih kencang dibandingkan semester awal. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya pada pertengahan sampai akhir itu investor mulai merealisasikan fisik investasi mereka.

“Meningkatnya realisasi pada triwulan kedua ditopang oleh dimulainya pembangunan fisik investasi di sektor pariwisata yang berkontribusi mencapai 70% dari total investasi. Saya memprediksi, beberapa pembangunan fisik hotel dan resort di kawasan Senggigi, Lombok Utara, serta di sekitar Mandalika sudah berjalan,” ujarnya.

Dikatakan, contoh di luar kawasan Mandalika, saat ini sedang dibangun apartemen. Selain itu, di Pulau Sumbawa juga terdapat pembangunan hotel dan resort di kawasan Kerta Sari di Kabupaten Sumbawa Barat. Sementara itu, negara asal investor asing yang banyak berinvestasi didominasi oleh Singapura, Eropa, Australia dan Malaysia.

“Investor asal Eropa saat ini mulai banyak yang melirik NTB. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya kunjungan wakil perusahaan dari kawasan tersebut yang mencari informasi ke kantor BKPM-PT. Meskipun investor Eropa cukup banyak, Pemprov NTB tidak terlalu fokus pada satu kawasan itu saja, melainkan tetap membuka kesempatan kepada investor dari negara lain seperti Asia untuk menanamkan investasinya,” katanya.

Namun, pihak kami berharap investasi yang masuk membawa teknologi dan padat karya sehingga membantu pertumbuhan ekonomi setempat. Apalagi, untuk mempermudah investasi, pihak kita sedang mendorong percepatan proses perizinan sehingga tidak mendapatkan kesan rumit dari investor. BKPM-PT juga akan terlibat mendampingi investor saat pengurusan izin ke pemda kabupaten atau kota. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.