Jambi Berhasil Sabet Juara Umum IMT 2015

Palembang (Paradiso) – Event International Musi Triboatton 2015 yang mempertandingkan tiga jenis olahraga dayung (rafting, kayak, dan dragon boat) resmi berakhir. Acara yang digelar sejak 15 Desember 2015 ini, merupakan event tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan wisata olahraga air di sepanjang sungai Musi, Sumatera Selatan. Etape ke-4 dan ke-5 usai digelar dan Tim Dayung Jambi berhasil menjadi juara umum pada gelaran kali ini.

Dengan melintasi beberapa wilayah di Sumatera Selatan, diantaranya Tanjung Raya, Tebing Tinggi, Muara Kelingi, Sekayu, Pengumbuk, diharapkan mampu sekaligus mempromosikan keindahan alam Sumsel. Lomba ini diikuti oleh negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Philipina, Brunei Darussalam,  serta beberapa kota di Indonesia seperti Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kalimantan Utara.

Perlombaan Musi Triboatton 2015 etape ke-4 digelar di Dermaga Dusun Pengumbuk, Kecamatan Rantau Bayur, Kab Banyuasin, Sumsel, Sabtu (19/12/2015) pagi waktu setempat. Dalam etape ke-4 ini dilombakan 2 jenis perahu, yaitu rafting dan kayak dengan jarak tempuh 200 m.

Keluar sebagai jawara dalam nomor kayak di etape ke-4 ini adalah Tim Dayung Jambi dengan catatan waktu 1 menit 1,72 detik. Menyusul sebagai juara kedua adalah Tim Dayung Aceh dengan catatan waktu 1 Menit 2,28 detik. Duduk di posisi ketiga adalah Tim Sumsel 1 dengan catatan waktu 1 menit 2,62 detik.

Untuk jenis perahu rafting, gelar juara diraih Tim Dayung Aceh dengan raihan waktu 1 menit 10,83 detik. Di posisi kedua ada Tim Filipina dengan catatan waktu 1 menit 13,09 detik. Melengkapi di peringkat ketiga ada Tim Sumatera Barat dengan waktu 1 menit 14,16 detik.

Sementara Etape ke-5 Musi Triboatton digelar pada sore harinya di Kota Palembang, tepat di depan Benteng Kuto Besak. Tim Jambi menunjukkan keperkasaannya dengan menyabet 1 medali emas di nomor perahu Rafting dengan catatan waktu 2 menit 0,94 detik, dan 1 medali perak di nomor perahu Kayak dengan catatan waktu 2 menit 0,24 detik.

Dengan penambahan 2 medali emas hari ini perolehan medali Tim Jambi mengungguli tim dayung lainnya. Jambi pun keluar sebagai juara umum Musi Triboatton 2015 mengalahkan 14 tim lain dengan total raihan 3 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu, dengan total skor 864 poin.

Jambi juara umumDi peringkat kedua adalah Tim Dayung Aceh dengan raihan 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu, totalnya 671 poin. Duduk di Peringkat ketiga Tim dayung tuan rumah Sumatera Selatan 2 dengan perolehan 2 medali emas dan 1 medali perak, total poinnya 605 poin.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin yang hadir dalam acara penutupan dan penganugerahan Juara Umum Musi Triboatton 2015, mengungkapkan apresiasinya atas keberhasilan terselenggaranya ajang lomba dayung bertaraf internasional ini. Alex mengatakan Triboatton ini paling unik di dunia karena memadukan berbagai macam moda transportasi air, kesulitannya adalah kita tergantung pada debit air.

“Kami harapkan ajang ini tiap tahunnya bertambah baik, seperti Tour de Singkarak yang sekarang jadi tur sepeda paling diminati di dunia. Ini kita coba di Sungai Musi sebagai objek wisata yang menarik di Sumatera Selatan sesuai arahan dari Menteri Pariwisata,” ujar Noerdin kepada wartawan di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang, Sabtu (19/12/2015).

Dengan dinobatkannya Jambi sebagai Juara Umum Musi Triboatton 2015, maka berakhir pula ajang yang sudah memasuki tahun keempat penyelenggaraannya ini.

Kedepannya diharapkan, acara ini akan terus bisa terlaksana dan semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di kawasan Sumatera Selatan dengan memanfaatkan potensi Sungai Musi dan menjadikannya obyek wisata yang menarik di Sumatera Selatan. (*/bowo)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.