Jawa Timur Targetkan Wisatawan Tumbuh Hingga 6%

Pulau Merah, Banyuwangi
Pulau Merah, Banyuwangi

Surabaya (Paradiso) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) telah menargetkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara bisa tumbuh 6% pada tahun ini seiring dengan upaya pengembangan tempat-tempat wisata baru di kabupaten dan kota.

Kepala Bidang Pengembangan Profit Pariwisata Disbudpar Jatim Handoyo mengatakan pada 2014 pemerintah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan asing mencapai 234.000 orang dan 40 juta orang untuk wisatawan domestik.

“Pemerintah kabupaten atau kota sudah mulai gencar mengembangkan eco wisata termasuk desa wisata karena ternyata wisata alam sangat digemari terutama anak-anak muda, dan pertumbuhan desa wisata ini cukup tinggi. Salah satu upaya pengembangan wisata alam yang sudah dilakukan pemerintah kabupaten/kota adalah seperti Banyuwangi yang telah membuka akses wisata Pulau Merah,” ujarnya.

Dikatakan, Pulau Merah yang sering digunakan untuk surfing ini sangat menarik wisatawan terutama orang asing. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Jatim, jumlah wisatawan domestik pada 2011 tercatat mencapai lebih dari 27 juta orang, dan naik menjadi 33 juta orang pada 2012.

“Adapun jumlah wisatawan mancanegara pada 2012 tercatat sebanyak 197.776 orang atau meningkat 6,44% dibandingkan jumlah kunjungan pada 2011,” katanya.

Ditambahkannya, sedangkan jumlah kunjungan wisatawan asing dan domestik selama 2013 masih dalam pengumpulan data dari pihak-pihak terkait, termasuk dari Imigrasi. (*/ant)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.