Juara ! GenPI Jateng Raih Penghargaan SMCA 2018

JAKARTA (Paradiso) – Apresiasi kembali didapatkan Generasi Pesona Indonesia (GenPI). Kali ini, penghargaan khusus diberikan oleh Harian Terbesar di Jawa Tengah, Suara Merdeka. Sebelumnya, komunitas netizen yang aktif menggerakkan pariwisata ini mendapatkan panggung istimewa di Jakarta Marketing Week 2018 oleh MarkPlus Inc, yang didirikan Marketers Hermawan Kertajaya.

Suara Merdeka Community Award (SMCA) 2018 adalah apresiasi yang diberikan Suara Merdeka Network (SMN) bagi seluruh komunitas di Jawa Tengah. Tahun ini, kuliner legend Neny Kardiana dipercaya menjadi Ketua Panitia.

Total komunitas yang ada di Jawa Tengah adalah 336. Namun, yang terverifikasi SMCA ada 113. Ke-113 komunitas ini memperebutkan 11 Kategori yang disiapkan.

Hasilnya, GenPI Jateng mendapatkan penghargaan untuk kategori ‘Art and Culture’. Penghargaan diserahkan di Auditorium Imambarjo, Kampus Universitas Diponegoro, Jumat (11/5).

Ketua GenPI Jawa Tengah, Shafiqh Lontoh mengaku sangat bangga bisa meraih penghargaan ini. “GenPI Jateng ini komunitas baru. Usianya baru seumur jagung, baru sekitar 1 tahun terbentuk. Bisa lolos verifikasi saja sudah luar biasa, apalagi sampai dapat penghargaan ini,” kata Shafiqh.

Dijelaskannya, penghargaan ini sangat bergengsi karena melibatkan hingga 300 komunitas di Jawa Tengah. “Penghargaan ini sangat besar karena diikuti komunitas se-Jawa Tengah. Ini artinya GenPI Jateng bisa menunjukkan eksistensinya. Dan yang lebih penting bisa diterima oleh masyarakat Jateng juga netizen,” paparnya.

Shafiqh berharap penghargaan ini bisa menjadi tambahan motivasi bagi rekan-rekannya di GenPI Jateng, maupun GenPI daerah lain.

“Mudah-mudahan penghargaan ini bisa menjadi tambahan motivasi bagi GenPI untuk terus berkarya. Khususnya untuk GenPI Jateng agar bisa ikut andil memajukan pariwisata Jawa Tengah melalui destinasi digital,” harapnya

Shafiqh juga menjelaskan saat proses verifikasi berlangung. “Kami di interview tentang kegiatan GenPI. Apa yang telah kami lakukan? GenPI pergerakannya di online. Melalui media sosial temen-temen GenPI. Awalnya kami mempopulerkan acara tahunan Kota Semarang, yaitu semargres 2017. Juga kampanye sarungan,” terangnya.

Selain itu, GenPI juga mengangkat potensi wisata di Jawa Tengah secara online. Baik yang ada di Solo, Magelang, Pekalongan, Temanggung, dan lainnya.

“Kegiatan kami tidak hanya online saja. Ada juga kegiatan offline juga. Kegiatan offline kami seperti Ngopi (ngobrol bareng GenPI). Acara ini kami adakan untuk sharing tentang tren yang sedang terjadi. Seperti blogging, street foto, dan lainnya. Kami juga membentuk pasar yang tujuannya untuk menarik para netizen ke tempat tersebut, juga pemberdayaan masyarakat. Yaitu di Pasar Karetan yang sudah berjalan 27 kali. Dan juga Pasar Semarangan yang baru jalan minggu ke-6,” paparnya.

Apresiasi besar disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menurutnya, penghargaan tersebut harus menjadi motivasi buat rekan-rekan GenPI.

“Selamat untuk penghargaan yang diterima GenPI Jateng dalam Suara Merdeka Community Award. Ini bukti eksistensi GenPI telah diakui. Dan ini harus menjadi motivasi bagi seluruh rekan-rekan GenPI untuk mempu berbuat yang lebih baik, dan terus melakukan hal-hal yang positif. Sukses buat GenPI, Gass,” katanya.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.