Jumlah Wisatawan Selama Libur Lebaran Melonjak

libur lebaranJakarta (Paradiso) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu yang mengatakan jumlah wisatawan di beberapa tempat wisata utama selama libur Lebaran Idul Fitri 2014 mengalami peningkatan.

“Ada gairah yang mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan selama libur Lebaran tahun ini. Pihak Kemenparekraf mencatat di Taman Wisata Candi Borobudur misalnya, selama H-3 hingga H+3 dikunjungi sebanyak 155.456 pengunjung atau meningkat 5,9% dibandingkan periode yang sama di tahun 2013 sebanyak 146.793 pengunjung,” ujarnya.

Dikatakan, jumlah pengunjung ke Candi Borobudur mengalami peningkatan siginifikan, yaitu 92,5% pada H-2 lebaran tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah pengunjung juga dialami beberapa tempat wisata favorit lainnya di Jakarta seperti Taman Margasatwa Ragunan dan TMII.

“Kebun Binatang Ragunan, mampu mencatat rekor kunjungan tertinggi pada hari ketiga Lebaran tahun 2014 dengan mencapai167.123 orang pengunjung. Data itu menurut Humas Taman Margasatwa Ragunan menjadi puncak tertinggi selama libur Lebaran,” katanya.

Ditambahkannya, demikian juga dengan TMII yang pada H+2 dikunjungi sekitar 75 ribu pengunjung yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu mendorong pihak pengelola TMII berani menargetkan 400.000 pengunjung selama libur Lebaran 2014 meningkat 50.000 dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 350.000 orang pengunjung.

“Namun hal itu tidak terjadi di Monas dimana jumlah pengunjung ke Monas selama H+1 hingga H+3 Lebaran pada tahun 2014 hanya mencapai 27.905 orang atau mengalami penurunan sebesar 31,3% dibandingkan periode yang sama pada liburan Lebaran tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, adapun penurunan jumlah pengunjung ke Monas ini terjadi karena banyak calon pengunjung yang sudah mengetahui informasi bahwa puncak Monas ditutup sementara selama beberapa jam pada saat libur Lebaran sehingga banyak yang mengurungkan niatnya untuk berkunjung ke Monas. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.