Kapal Pesiar Super Star Virgo Kunjungi Jakarta

Jakarta (Paradiso) –kapal pesiar dari Hong Kong, Super Star Virgo berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok untuk melakukan city tour mengunjungi beberapa destinasi wisata di kota Jakarat. Kedatangan Super Star Virgo di Tanjung Priok merupakan pertama kalinya dengan membawa 993 wisatawan dari berbagai negara.

Super Star Virgo merapat di Pelabuhan Tanjung Priok pada pukul 08.00 WIB, Selasa (24/11) dan saat penumpang turun disambut dengan berbagai kesenian tradisional Betawi, Ondel-Ondel dan tari-tarian dengan cukup meriah.

Kapal pesiar Super Star Virgo layaknya hotel berbintang yang mengapung di atas air. Segala fasilitas dan kenyamanan sekelas hotel bintang lima di dalam kapal yang mewah itu. Berbagai fasilitas olahraga, rekreasi, hiburan, dan tentu saja kuliner tersedia lengkap di kapal ini.

Kunjungan kapal pesiar milik Star Cruises ini merupakan salah satu program wisata bahari dari Kementerian Pariwisata yang menargetkan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 mendatang. Ini juga menjadi pembuktian Kemenpar dalam memudahkan perizinan kapal wisata berbendera asing ke Indonesia.

superstar virgo (2)Kapal pesiar Super Star Virgo menjadi kapal pesiar keenam yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok sepanjang tahun 2015. Namun kapal ini juga menjadi kapal pesiar terbesar pertama yang datang ke Indonesia dengan panjang 268 meter.

“Sudah lama target kita untuk mendatangkan cruise seperti ini. Ini tes pertama kemudahan kapal asing masuk ke Indonesia,” ujar Azwir Maloan, Kepala Sub Bidang Destinasi Wisata Alam dan Buatan, Deputi Pengembangan Pemasaran Mancanegara, Kemenpar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (24/11/2015).

Azwir mengatakan bahwa Tanjung Priok akan menyiapkan tempat khusus untuk bersandar cruise, sehingga tidak mengganggu proses menaik-turunkan penumpang umum di dermaga 106-107. “Tanjung Priok akan menyiapkan satu slot yang dikhususkan untuk cruise ke depan,” ujar Azwir.

Kapal pesiar Super Star Virgo dijadwalkan untuk melanjutkan perjalananan ke perairan Krakatau sebelum menuju Australia pada pukul 20.00 WIB malam ini.

Kapal ini berlayar selama 46 hari dari Hong Kong menuju Australia dengan singgah di beberapa kota dan negara seperti Kamboja, China, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam. Di Indonesia sendiri, Super Star Virgo bersandar di Jakarta dan Bali.

Selain Jakarta, Indonesia memiliki lima pelabuhan yang bisa disinggahi kapal pesiar asing. Kelima pelabuhan itu adalah Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Belawan Medan, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Makassar dan Pelabuhan Benoa Bali. “Yang paling penting kesiapan pelabuhan di Jakarta. Kita akan undang mereka datang lebih lama,” ujarnya.

Wisatawan dari SuperStar Virgo yang bersandar di Jakarta rencananya dibawa ke beberapa destinasi wisata di Jakarta seperti Monumen Nasional hingga Kota Tua. Namun ke depannya, Azwir berharap bisa mengenalkan lebih banyak lagi destinasi wisata Jakarta saat mereka tinggal lebih lama.

“Nanti kita kerja sama lagi obyek mana yang bisa kita kenalkan dengan mereka. Sejauh ini Taman Mini Indonesia Indah sudah setuju,” terangnya.

Kemegahan Super Star Virgo

Dengan lantai mencapai 13, kapal ini terlihat sangat megah. Mulai berlayar tahun 1999, SuperStar Virgo memiliki konsep modern klasik. Di lobi utama, nuansa klasik yang megah begitu kentara dengan kehadiran patung kuda emas dan karpet mewah. “Ini adalah lobi utama kita yang buka selama 24 jam,” tutur Tran Minh Khoi dari salah satu crew Super Star Virgo.

superstar virgo (3)Kapal dengan panjang 268 meter ini mampu menampung lebih dari 1.800 penumpang. Ini merupakan salah satu kapal terbesar yang dimiliki oleh Star Cruises.

Beragam fasilitas tersedia mulai dari restoran, kolam renang, fitness centre, salon dan spa, hingga teater keren. Semua bisa diakses oleh penumpang SuperStar Virgo.

“Ada yang gratis ada pula yang membayar lagi. Dari 15 restoran di sini, 3 gratis diakses seluruh penumpang. Juga jakuzi dan fitness yang bisa didatangi gratis,” ujar Tran.

Di dua tingkat teratas, ada area terbuka yang dilengkapi dengan 2 kolam renang. Ada pula kolam jakuzi dan seluncuran melingkar yang cukup menantang. Di dalam kapal ini juga dilengkapi dengan ampiteater yang cukup luas dan megah dengan ornamen klasik elegan.

Anda bisa melakoni berbagai hobi dan kesenangan di atas kapal pesiar ini. Sembari menikmati pemandangan laut, Anda bisa berenang, bermain golf, fitnes ataupun memanjakan tubuh di spa.

Anda yang hobi belanja maupun kuliner, tak perlu khawatir karena semua tersedia. Begitu pula kalau Anda ingin bermain di kasino atau menyaksikan pertunjukan menarik. (*/bowo)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.