Karimunjawa Sunset Jazz Dipadati Wisatawan

JEPARA (Paradiso) – Ribuan wisatawan nusantara maupun mancanegara terlihat memadati konser eksotik, Karimunjawa Sunset Jazz yang digelar di dermaga wisata Pulau Karimunjawa, Jepara, Sabtu (24/9/2016) sore. Keindahan sunset sore hari di pantai Karimunjawa dibalut irama musik jazz dari Dwiki Dharmawan & friends membuat dramatis sekaligus romantis suasana sore menarik para wisatawan memadati dermaga.

Raseno Arya, Asdep Pengembangan Pemasaran Pariwisata Segmen Personal, Kemenpar mengatakan kegiatan Karimunjawa Sunset Jazz ini merupakan upaya promosi pariwisata yang efektif untuk memperkenalkan kepulauan Karimunjawa sebagai destinasi wisata bahari unggulan yang dimiliki Jawa Tengah.

“Selain itu, keindahan sunset Karimunjawa dipadu dengan konser musik jazz ini akan membuat setiap wisatawan penasaran untuk melihat. Suasana eksotik dan romantis ini yang akan memberikan kenangan tak terlupakan para pengunjung pulau Karimunjawa, yang akan tertarik untuk datang lagi” ujar Raseno di dermaga Pulau Karimunjawa, Sabtu (24/9).

Beberapa musisi dan penyanyi jazz kenamaan Indonesia turut beraksi dalam kegiatan ini, seperti Mus Mujiono, Ita Purnamasari, Iwan Abdie, dan Dwiki Dharmawan tampak tampil memukau dihadapan ribuan wisatawan. Tepuk tangan riuh bergema setiap kali lagu usai dibawakan mereka.

Tidak hanya wisatawan nusantara, puluhan wisatawan mancanegara turut menonton acara ini. Mereka para Yachter yang mengikuti kegiatan Sail Karimunjawa pada tanggal 23 s/d 26 September dengan tema “Pesona Bahari Karimunjawa 2016” dari berbagai negara.

Rebecca (67 tahun) salah satu yachter dari Amerika Serikat mengaku senang menonton konser ini. “Saya sudah sebulan lebih melakukan perjalanan laut di Indonesia, baru kali ini saya bisa mendapat tontonan musik berkualitas sambil nikmati keindahan sore pulau Karimunjawa. Rasanya tidak mau beranjak dari sini,” ujar Rebecca sambil tersenyum senang.

Mendapatkan kesan yang mendalam, Rebecca ingin nantinya mengajak semua kerabatnya untuk datang lagi ke Pulau Karimunjawa. Tidak hanya menikmati keindahan alamnya, tapi juga ketagihan dengan kuliner serba laut khas Karimunjawa. Kepulauan Karimunjawa merupakan destinasi wisata bahari unggulan Jawa Tengah. Tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas kepulauan tersebut.

Di kepulauan ini sendiri terdapat sekitar 27 gugus pulau dengan keunikan tersendiri dan semua berpasir putih yang membentang di sepanjang pesisir pantai. Luas teritorialnya kurang lebih 107.225 hektare dan kekayaan alam laut yang masih alami dan indah dengan banyaknya terumbu karang dan biota laut yang bisa dilihat dengan kasat mata.

Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini. Dari puluhan gugus pulau tersebut hanya terdapat lima pulau yang sudah dihuni sekitar 9.000 jiwa, yakni tinggal di Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting. (*)

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.