Kebocoran Retribusi Bisa Hambat Pariwisata di Gunungkidul

GUNUNGKIDUL (Paradiso) – Kebocoran retribusi wisata masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk menunggu untuk diselesaikan. Inefisiensi juga menyebabkan penerimaan pendapatan daerah di sektor pariwisata menjadi tidak maksimal.

Hal tersebut disampaikan oleh, Zainal Arifin, perwakilan Masyarakat Peduli Wisata Gunungkidul. Pihaknya telah melakukan survey pada sebanyak 18 titik obyek wisata yang ada di Gunungkidul.

Hasilnya, hingga kini kebocoran retribusi masih terus terjadi. Dikatakannya, jika hal ini terus terjadi, dapat menghambat perkembangan dan merusak citra pariwisata di Gunungkidul.

“Kami tidak menyangkal jika hal itu masih ada, oleh karenanya Pemkab Gunungkidul perlu melakukan terobosan dengan merubah metode pengelolaan yang selama ini digunakan dengan sistem yang lebih baik,” ujar Zainal, pada audiensi masyarakat peduli wisata Gunungkidul dengan Bupati, Senin (23/1/2017).

Hasil kajian yang telah dilakukan, pihaknya menyarankan untuk penerapan sistem online dalam pengelolaan wisata termasuk pembuatan sistem informasi pariwisata.

Ia mencontohkan sistem ini mirip dengan sistem parkir yang ada pada kota-kota besar, di mana informasi terkait jumlah wisatawan termasuk jumlah retribusi yang diraih selama rentang waktu tertentu dapat diketahui secara transparan. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.