Kemenhub Bantu Masyarakat Dengan Berikan Bantuan Bus Sekolah

MAGELANG (Paradiso) – “Penyerahan bantuan bus ini merupakan wujud komitmen Kementerian Perhubungan dalam membantu peningkatan pelayanan angkutan kepada masyarakat khususnya para santri-santri yang ada di Pondok Pesantren,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, ketika menyampaikan sambutan dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H serta Penyerahan Bantuan Bus Sekolah/ Pondok Pesantren, di Magelang (21/11).

Kemenhub melalui Ditjen Hubdat memberikan bantuan 5 bus kepada 5 Pondok Pesantren, yaitu Ponpes Darussalam Timur, Nida’ Al-Quran, Sirojurrokhim, Nurul Huda Andong, Nuril Anwar.

Dirjen Budi mengungkapkan bahwa secara umum kinerja transportasi jalan di Indonesia, terutama terutama angkutan umum baik di kota-kota besar, kota-kota sedang, bahkan sampai di kota-kota kecil, masih belum optimal. Kondisi tersebut ditandai dengan tingkat pelayanan angkutan umum yang jauh dari memuaskan, kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas, serta tingkat kecelakaan lalu lintas yang relatif masih tinggi. Didasarkan pada kenyataan tersebut, maka Kementerian Perhubungan berinisiatif menggugah daerah-daerah untuk membangun angkutan umumnya yang berkualitas sehingga mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayahnya sesuai dengan kebutuhan.

Upaya-upaya tersebut meliputi pemberian bantuan sarana angkutan anak sekolah dan mahasiswa, sarana angkutan umum di daerah-daerah tertinggal, bantuan sarana untuk pengembangan Sistem Angkutan Umum Massal (SAUM) di kota-kota besar maupun kota-kota sedang serta subsidi operasional angkutan jalan khususnya angkutan jalan perintis.

Merespon permintaan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di kawasan Magelang, Dirjen Budi mengatakan pihaknya akan memastikan fasilitas keselamatan dan PJU pada tahun 2019 dianggarkan untuk kawasan Magelang.

Selain bus sekolah, Kemenhub juga membangun prasarana transportasi darat seperti misalnya terminal bus.

Dirjen Budi berpesan agar bus bantuan Kementerian Perhubungan tersebut tetap dirawat dan dipelihara serta dimanfaatkan dan digunakan sesuai dengan peruntukannya. “Yaitu pelayanan kepada para santri-santri dalam menunjang kegiatan pembelajaran dan aktifitas di Pondok Pesantren yang kita cintai ini,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Magelang Zaenal Arifin, mengatakan, “Ponpes turut serta berpartisipasi dalam pembangunan karakter masyarakat Indonesia.” Pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih atas nama pemerintah daerah terkait pemberian bantuan bus tersebut.

Sedangkan Ir. Sudjadi, anggota Komisi V DPR RI yang turut hadir mengatakan bahwa pemberian bus bantuan pada pondok pesantren di Desa Watucongol, Muntilan, Kabupaten Magelang merupakan pengejawantahan konsep nawacita yang membangun Indonesia dari pinggiran, membangun Indonesia dari desa.

Turut hadir mendampingi Dirjen Perhubungan Darat, Direktur Angkutan dan Multi Muda, Ahmad Yani; Sesditjen Perhubungan Darat, Cucu Mulyana; Kepala BPTD Wilayah X Jawa Tengah – DIY, Prasetyo Kentjono, beserta jajaran. Selain itu hadir pula Anggota Komisi V DPR RI, Ir. Sudjadi; Bupati Magelang Zaenal Arifin beserta jajaran Forkompinda Kabupaten Magelang. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.