Kemenhub Kerahkan Bantuan Transportasi Logistik untuk Korban Gempa Palu

JAKARTA (Paradiso ) – Pasca musibah gempa dan tsunami yang menimpa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) memberikan bantuan kepada korban bencana. Bantuan yang diberikan berupa pengangkutan logistik dalam jumlah besar dengan 3 unit kapal yaitu KMP Julung- Julung melalui rute Pelabuhan Toli- Toli ke Pelabuhan Taipa, KMP Drajat Paciran dan Kapal Kargo KM Melinda 01 dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke Pelabuhan Taipa Sulawesi Tengah.

Ketiga bantuan kapal tersebut merupakan hasil kerjasama antara Ditjen Hubdat dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). “Bantuan kapal ini nantinya dapat digunakan untuk masyarakat, lembaga, BUMN, maupun komunitas untuk mengirimkan bantuan bencana dalam kapasitas besar. Sehingga diharapkan bantuan kepada para korban dapat tersalurkan lebih cepat. Harapannya bantuan yang diberikan juga dapat diterima masyarakat Palu secara merata,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi pada Selasa (2/10).

KMP Julung-Julung yang bervolume 600 Gross Tonnage (GT) merupakan kapal Ro-Ro dengan kapasitas penumpang 185 orang dan 7 unit kendaraan kecil. KMP Drajat Paciran yaitu kapal Ro-Ro dengan volume 2.900 GT yang mampu mengangkut 350 orang dan 40 kendaraan dengan ukuran bervariasi. Sementara KM Melinda 01 adalah kapal cargo yang mampu mengangkut logistik hingga 1.000 ton.

“KMP Julung-Julung membawa barang kebutuhan pokok dan tangki air bersih berangkat pada Senin (1/10) pukul 12.00 WITA dari Pelabuhan Toli- Toli dengan waktu tempuh perjalanan 22 jam, sehingga perkiraan waktu sampai di Taipa pada Selasa (2/10) pukul 22.00 WITA. Sesampai di pelabuhan, kami telah berkoordinasi dengan stakeholder termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setempat agar pendistribusian barang- barang bantuan dapat segera dilakukan dengan cepat dan tepat,” kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini.

Sementara itu 2 kapal lainnya, KMP Drajat Paciran dan KM Melinda 01 masing- masing dijadwalkan berangkat pada Kamis (4/10) dan Jumat (5/10) mendatang. “Oleh karena itu saya harap bagi seluruh pihak baik instansi maupun masyarakat umum yang ingin memberikan bantuan dapat disalurkan melalui ketiga kapal yang akan mengangkut logistik ini. Kami akan berangkatkan kapal bantuan ini secara gratis,” pungkas Dirjen Budi. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.