Kemenhub Sosialisasikan Kebijakannya Pada Kegiatan Bimtek Pengusaha Angkutan

BALI (Paradiso) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Direktorat Angkutan dan Multimoda melaksanakan Bimbingan Teknis (bimtek) Pengusaha Angkutan dan Multimoda. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini berlangsung pada 19-21 September mendatang di Hotel Bintang Bali Resort.

Umar Aris, Staf Ahli Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi hadir dalam bimtek tersebut memberikan sambutannya. “Substansi sebenarnya nanti saat pembicara dalam bimtek ini membuat saya tertarik akan tema acara ini. Suatu kebijakan yang baik bukan hanya seputar paradigma reformasi, tapi juga melibatkan unsur regulator, operator, dan user,” jelas Umar pada pembukaan acara tersebut, Rabu malam(19/9).

Tema yang diangkat dalam bimtek ini yaitu Peningkatan Sinergitas Antara Pemerintah dengan Pelaku Usaha untuk Menciptakan Profesionalisme dalam Pelayanan yang Efektif dan Efisien.

Dalam sambutannya, Umar menjelaskan bahwa sebagai regulator maka pemerintah harus memahami regulasi yang diaturnya tersebut. “Ini harus jadi pedoman dalam kebijakan transportasi. Demikian dengan operator, hak antara swasta maupun BUMN sama dan tidak dibedakan,” kata Umar. Sementara mengenai user ataupun pengguna, menurut Umar, semua yang disuarakannya harus didengar sebagai bahan evaluasi bagi pemerintah.

Ahmad Yani, Direktur Angkutan dan Multimoda saat menyampaikan laporan panitia mengungkapkan bahwa kegiatan bimtek ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan sebagai sarana silaturahmi. “Tak hanya itu namun juga untuk bertukar pikiran terkait permasalahan di lapangan serta mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah kepada para pimpinan perusahaan ataupun manager operasional pengusaha angkutan,” demikian disampaikan Ahmad Yani pada pembukaan bimtek itu.

Ahmad Yani juga mendorong agar terjadi sinergitas antara pemerintah dan pengusaha. “Dengan kemajuan teknologi melalui media massa dan media sosial sering terjadi perspektif negatif akibat adanya distorsi komunikasi di masyarakat,” demikian disampaikannya.

Kegiatan bimtek ini diadakan dengan tujuan pembinaan bagi pengusahan bidang angkutan dan multimoda untuk memberi pemahaman tentang kebijakan-kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan dan pengusahaan angkutan dan multimoda.

Acara bimtek ini dihadiri oleh 310 peserta yang terdiri dari perwakilan perusahaan yang merupakan stakeholder dari tiap subdirektorat di Direktorat Angkutan dan Multimoda. Selain itu, acara ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali Agung Sudarsana, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Barat Agung Hartono, Ketua Umum Organda, Ketua DPP APTRINDO, dan Ketua Umum Gapasdap.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.