Kemenpar Apresiasi Persiapan Festival Pesona Selat Lembeh 2018

Bitung (Paradiso) – Persiapan Festival Pesona Selat Lembeh 2018 yang diselenggarakan pemerintah Kota Bitung, Sulawesi Selatan (Sulsel), mendapat pujian dari Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI. Event yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya ini, dinilai sudah dipersiapkan dengan cukup baik.

Festival Pesona Selat Lembeh tahun ini, akan resmi berlangsung Sabtu, 6-10 Oktober, di Pelabuhan Perikanan Bitung Aertembaga Satu, Kota Bitung. Berbagai persiapan pun terlihat sudah berjalan dengan baik, setidaknya hal itu terlihat jelas di H-1 sebelum pembukaan dilaksanakan.

Disampaikan N.W. Giri Adnyani selaku Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar mengapresiasi persiapan Festival Pesona Selat Lembeh tahun ini. Dirinya menilai, berbagai pihak terlihat ambil bagian dalam mensukseskan event ini.

Kata Giri, melihat banyaknya suport dari berbagai pihak. Yaitu dengan adanya berbagai spanduk atau baliho yang terpasang sepanjang perjalanan dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado, hingga ke pusat Kota Bitung sebagai tuan rumah penyelenggara.

“Kita bisa lihat ini diselenggarakan cukup profesional. Promosi eventnya di mana-mana terlihat sepanjang jalan dari bandara hingga ke lokasi. Dan semua pihak ikut mendukung. Dari berbagai dinas dan juga dari bank-bank. Jadi saya melihat banyak sponsor dan pihak-pihak yang terlibat,” ungkap Giri yang dibenarkan oleh Afrida Pelitasari selaku Kepala Bidang Pemasaran Arena III untuk wilayah Sulawesi & Filipina.

“Persiapannya sudah cukup serius dan matang. Sampai pak Wali Kota sampai terjun langsung mengecek kesiapan H-1. Saya kira dari situ bisa dilihat jika kegiatan ini sudah betul-betul dipersiapkan dengan baik. Mudah-mudahan acaranya bisa terselenggara dengan baik,” tambah Ricky Fauziani Asdep Pengembangan dan Pemasaran I Regional III Kemenpar.

Apa yang disampaikan Afrida memang tergambar di lokasi penyelenggaraan. Meski dalam kondisi cuaca terik matahari, pemerintah Kota Bitung memang terlihat serius dari segi persiapan. Sampai Wali Kota Bitung, Maximiliaan Jonas Lomban berserta seluruh jajarannya, melakukan pengecekan terakhir di lokasi festival bisa jadi acuan.

“Kota Bitung dikaruniai Tuhan dengan laut, hutan, dan pulau. Saya rasa lengkap dan belum tentu dimiliki oleh kota-kota lain. Festival Pesona Selat Lembeh sendiri sudah dilaksanakan bertahun-tahun. Dan di tahun ini kami ingin semuanya berjalan dengan sangat-sangat baik. Sehingga pariwisata disini bisa semakin dikenal luas, baik lokal maupun internasional,” ungkap Jonas.

Dipastikan akan ada beragam agenda kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang Festival Pesona Selat Lembe 2018 berlangsung. Seperti diantaranya pertunjukan tari tradisional kolosal, festival kuliner, parade kapal atau dikenal dengan Sail Pass. Selain itu juga festival tuna, lomba renang, penanaman karang, lomba fotografi, dan lomba lari 10 K.

“Kami sangat berharap Festival Pesona Selat Lembeh 2018 bisa terselenggara dengan sukses. Sebelum acara berlangsung kami juga menggelar acara doa bersama, mengingat musibah bencana alam gempa dan tsunami yang menimpa sudara-sudara kita di Palu dan sekitarnya. Kami ingin acara ini bisa sukses dari semua aspek,” papar Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung, Pingkan Kapoh.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap sebuah event di daerah harus memperhatikan kualitas dan jangan sembarangan membuat atraksi. “Kalau mau mendunia, atraksi harus berkelas internasional,”kata Menpar Arief Yahya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.