Kemenpar Beri Pemahaman Pariwisata ke Mahasiswa di Maluku Tenggara

MALUKU TENGGARA (Paradiso) – Kementerian Pariwisata kembali menggelar Pelatihan SDM Kepariwisataan Goes To Campus. Kali ini, keguatan dipusatkan di Kampus Politeknik Perikanan Negeri Tual, Maluku Tenggara, Selasa, 18 Juni 2019.

Hadir sebagai narasumber Kepala Sub Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan, Kementerian Pariwisata, Alfin Merancia. Ia membawa tema Kebijakan Nasional Pariwisata.

Menurut Alfin Merancia, Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan SDM Kepariwisataan Goes To Campus, Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga. Sebanyak 300 mahasiswa ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Kita ingin meningkatkan kapasitas dan juga awareness mengenai kepariwisataan bagi Mahasiswa. Juga memberikan pemahaman mengenai dampak ekonomi dari aktivitas pariwisata. Dan tentunya serta menciptakan kader pariwisata yang aktif dalam pengembangan pariwisata. Khususnya, di wilayah Kei – Maluku (Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara),” terangnya.

Alfin menjelaskan, sebagai negara kepulauan, potensi wisata bahari yang dimiliki Indonesia sangat tinggi.

“Dan untuk mengelola itu, dibutuhkan SDM-SDM handal. SDM inilah yang akan memastikan wisata bahari Indonesia terjaga, serta tergali dengan maksimal. Kenapa harus terjaga? Karena bahari menjadi salah satu sektor andalan di pariwisata. Sedangkan pariwisata, adalah penyumbang devisa, dan salah satu yang terbesar,” paparnya

Menurutnya, para mahasiswa Kampus Politeknik Perikanan Negeri Tual harus menyadari potensi tersebut.

“Pariwisata itu masa depan bangsa. Sektor yang sangat menjanjikan. Mahasiswa bisa mengambil bagian dalam sektor pariwisata. Pemahaman tentang inilah yang kita sampaikan. Makanya narasumber yang kita hadirkan beragam. Bahkan hingga profesional,” papar Alfin.

Narasumber lain dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara, Roy Rahajaan. Materi yang disampaikan adalah Arah Kebijakan Pengembangan SDM Pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara.

Kemudian Direktur Politeknik Perikanan Negeri Tual Jusron Ali Rahajaan. Materi yang disampaikan Peran Perguruan Tinggi dalam Mendukung Pengembangan SDM Kepariwisataan

Ada juga Manager Area III Traveloka.com, Louis Alfonso Kodoatie, yang memberikan pemahaman mengenai Digital Millenial Tourism.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani, mengatakan jika mahasiswa adalah generasi milenial. Generasi yang menjadi masa depan pariwisata.

“Di tahun-tahun mendatang, sektor pariwisata akan dikuasai milenial. Mereka yang akan traveling ke destinasi-destinasi. Milenial juga yang akan mengangkat potensi destinasi. Itulah yang membuat milenial penting. Kita berharap mahasiswa Politeknik Perikanan Negeri Tual menjadi bagian dari milenial itu,” katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengatakan penguatan SDM sangat penting buat pariwisata. Sebab, destinasi serta potensi yang dimiliki, semuanya tergantung kepada SDM yang mengelolanya.

“Kegiatan ini memberikan pemahaman mengenai dampak ekonomi dari aktivitas pariwisata. Mengenai sektor mana saja yang bisa dimasukin para milenial. Dengan karakternya, milenial sangat berperan untuk pariwisata,” papar menteri lulusan Telematika di University of Surrey Inggris itu. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.