Kemenpar Gandeng Blogger Majalengka dalam Bimtek Narablog 

JAKARTA (Paradiso) – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) semakin agresif membangun pariwisata Kabupaten Majalengka. Salah satunya lewat Bimbingan Teknis (Bimtek) Narablog yang akan digelar, Jumat (11/5), di Fitra Hotel Majalengka.

Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar, I Gde Pitana menjelaskan, Bimtek tersebut bertujuan untuk memperkuat promosi pariwisata Majalengka melalui dunia digital. Untuk itu, Kemenpar pun menggandeng para blogger dan penggiat sosmed Majalengka untuk bersama-sama mempromosikan pariwisata Majalengka.

“Bimtek Narablog menggandeng para blogger dan penggiat sosmed Majalengka. Mereka akan kita beri pelatihan. Sehingga, mereka dapat menjadi ujung tombak promosi pariwisata Majalengka lewat dunia digital,” kata Pitana yang diamini Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi I pada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Hariyanto, Selasa (8/5).

Tidak bisa dipungkiri, dunia digital saat ini adalah cara paling efektif dalam mempromosikan pariwisata Indonesia. Blogger, vlogger, selebgram, youtuber, pegiat sosmed, sudah bermetamorfosis menjadi media. Mereka adalah channel penyampai pesan yang makin efektif dan punya impact signifikan.

“Apalagi, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan segera diresmikan. Tentunya dengan promosi yang semakin masif pariwisata Majalengka akan semakin terangkat lagi,” imbuh Pitana.

Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi I pada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Hariyanto, ikut angkat suara. Menurutnya Bimtek ini merupakan langkah strategis. Pasalnya pengembangan pariwisata harus didukung oleh seluruh stakeholder yang ada.

“Kalau kata pak Menteri strategi promosi itu menggunakan POSE (Paid Media, Owned Media, Social Media, dan Endorser). Untuk yang ini, kita gunakan Social Media. Dan mereka pun Endorser yang baik untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Untuk itulah kita harus rangkul. Jika semua stakeholder bergerak, target 20 juta wisman pada tahun 2019 akan semakin mudah diraih,” ujar Hariyanto.

Untuk mensukseskan Bimtek, sejumlah nama besar di dunia digital dihadirkan. Mereka akan berbagi ilmu untuk mempromosikan pariwisata Majalengka. Ada Gemala Hanafiah, seorang presenter acara tv dan juga penggiat sosmed ternama. Lalu ada Willy Priatmanto, seorang travelling fotografer ternama Indonesia. Juga ada Astari Ratnadya, yang juga traveler blogger ternama Indonesia. Dan yang terakhir ada Him Saifanah, yang merupakan editor in chief www.indonesia.travel.

“Kita akan set Bimtek ini secara santai namun terarah. Sehingga para peserta nantinya memahami betul apa yang harus mereka angkat. Selain itu juga Bimtek ini akan menambah ilmu mereka dibidang fotografi dan dunia digital,” pungkas Hariyanto.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi program tersebut. Menurutnya, Bimtek Narablog diharapkan dapat mempererat hubungan baik dengan para “aktivis digital” Majalengka. Sekaligus menjadi ilmu tambahan bagi mereka.

Selain itu, melalui acara ini diharapkan menjadi corong bagi para blogger, vlogger, dan selebgram berkolaborasi bersama Kemenpar untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia secara digital melalui sosial.

“Ini akan menjadi sinergi yang apik antara Kemenpar dan para penggiat sosmed. Sinergi ini harus terus dibangun untuk memajukan pariwisata Indonesia. Goalnya menjadikan pariwisata sebagai core ekonomi bangsa. Maju terus pariwisata Majalengka,” kata Menpar Arief Yahya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.