Kemenpar Promosikan Pariwisata Indonesia Lewat Workshop GenWI Singapore

SINGAPURA (Paradiso) – Peran Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Singapura terus dioptimalkan. Sebab, GenWI adalah garda terdepan promosi pariwisata Indonesia di luar negeri. Untuk itu, Workshop GenWI Singapore digelar di Happen.sg, 27a Jalan Besar Singapore, 11 Mei 2019.

Workshop dihadiri oleh perwakilan dari GenWI Australia, mahasiswa, dan masyarakat Indonesia di Singapura.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kementerian Pariwisata mempromosikan pariwisata Indonesia di Singapura, dengan memaksimalkan pemanfaatan media digital atau media promosi online,” jelas Staff Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kemenpar, Don Kardono.

Dalam paparannya, Don menyampaikan mengenai perkembangan pariwisata Indonesia. Termasuk perkembangan terkait pengembangan 10 Bali baru di Indonesia, serta perkembangan gerakan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) di tanah air, dan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) di Luar Negeri.

“GenPI saat ini telah menjangkau 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Sementara itu GenWI sudah terbentuk di sebanyak 10 negara, termasuk di Singapura,” ujarnya.

GenWI Singapore berdiri sejak 13 Oktober 2018 dengan dilantiknya Visit Indonesia Tourism Indonesia (VITO) pada 15 November 2018. Hingga saat ini GenWI Singapore gencar mengkampanyekan Wonderful Indonesia di seluruh Singapura. Caranya melalui media digital, khususnya media sosial.

GenWI Singapore memiliki ribuan followers dan telah mencapai target 6,000 post di tahun 2018. Di tahun 2019, target GenWI Singapore adalah untuk mencapai 8,000 post.

“Tujuan akhir dari pembentukan GenWI adalah peningkatan jumlah wisatawan mancanegara yang ada di Singapura ke Indonesia. Dalam hal ini, merupakan sebuah keniscayaan bagi GenWI Singapore untuk memperluas kerja sama dengan berbagai pihak, baik seluruh komunitas Indonesia maupun warga Singapura yang merupakan sahabat Indonesia,” ungkap Don Kardono.

Sebelumnya, GenWI Singapore sukses mendukung program Hot Deals yang diluncurkan Kementerian Pariwisata. Hot Deals adalah program super extra ordinary Kemenpar. Konsep yang ditawarkan adalah More for Less. Atau You get more you pay less.

Menurut Don, keberadaan GenWI Singapore sangat strategis untuk menjaring wisatawan Singapura. Sebab, di pariwisata salah satu faktor yang penting adalah proximity, kedekatan. Baik jarak maupin budaya, dan Singapore menjadi target market yang ideal.

“Bukan hanya Singaporean yang bisa dijaring. Ekspatriat yang bekerja di Singapore juga masuk target. Baik dari China, India, maupun negara lain di dunia,” jelasnya.

Di sinilah komunitas GenWI akan memainkan peranan penting. GenWI akan mempromosikan Wonderful Indonesia dari Singapore, tempat mereka tinggal. Namun, dalam eksekusinya, GenPI juga akan terlibat. Pembagian kerjanya pun jelas. Tidak akan saling tumpang tindih.

“GenWI akan dekat dengan Customers karena berada di Singapura. Sedangkan Genpi dekat dengan Product. Jadi secara promosi di online akan dilakukan GenPI,” paparnya.

Produk pariwisata yang bisa ditawarkan adalah destinasi, customers pariwisata adalah travellers atau marketnya. Untuk level pertama, lebih banyak promosikan Destinasi, Calendar of Events (CoE) dan Kebijakan atau deregulasi di sektor pariwisata.

” CoE Kemenpar salah satu andalan untuk mendatangkan wisman ke Indonesia. Dan CoE memperluas sebaran wisman yang datang tidak hanya ke Bali dan Jakarta saja,” pungkasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bangga bahwa saat ini Kemenpar sudah banyak melahirkan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) di luar negri. Salah satunya Kemenpar sudah memiliki GenWI Singapura.

“Teman-teman GenWi juga aktif mempromosikan pariwisata Indonesia dan program-program yang diluncurkan Kemenpar. GenWi adalah para Diaspora yang ada di Singapura dan cinta pariwisata, terima kasih atas dukungannya,” kata Menpar Arief Yahya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.