Kemenpar Tawarkan Freediving Eksotis di Adex 2019

SINGAPURA (Paradiso) – Lokasi freediving terbaik ditawarkan Indonesia di Asia Dive Expo (Adex) Singapura 2019. Brandingnya dilakukan melalui forum khusus Singapore Ocean Week, Sabtu (13/4). Wonderful Indonesia diberi slot khusus lantaran menjadi negara sponsor utama Adex 2019.

Dialog Singapore Ocean Week-Adex Ocean19 Festival digelar sehari sebelum Adex 2019. Lokasinya di Suntec Singapore Convention & Exhibition Center, Singapura. Indonesia diwakili pemegang rekor Freediving Indonesia Stanley Sradaputta. Ia memaparkan keunikan Indonesia sebagai destinasi freediving dunia.

“Indonesia diberi slot khusus untuk melakukan pemaparan. Kesempatan ini kami gunakan untuk menyampaikan berbagai hal menyangkut freediving. Sebab, Indonesia memiliki banyak spot terbaik dan ini menarik bagi penikmat freediving dunia,” ungkap Stanley.

Salah satu spot freediving terbaik Indonesia berada di Pantai Balohan, Sabang, Pulau Weh, Aceh. Spot Balohan digunakan sebagai venue bagi Sabang Internasional Freediving Competition 2017 & 2018. Event ini pun diikuti oleh peserta dari 26 negara dimana juara2 dunia Freediving ikut berpartisipasi.

Di Balohan, para freedivers akan mendapatkan kedalaman yang cukup dan jarak yang sangat dekat, mengingat kedalaman teluk Balohan di Sabang mencapai 140m.

Selain itu, para divers bisa bertemu dengan beragam biota laut. Sebut saja, pari manta, hiu paus, lumba-lumba, hingga penyu laut. Perairan ini menjadi langganan Top 5 Destinasi Selam Terbaik di Asia Pasifik hingga dunia.

Stanley menambahkan, Indonesia punya banyak lokasi freediving yang populer di mancanegara.

“Spot Sabang memang eksotis. Ini adalah destinasi yang luar biasa. Ada banyak exprience yang didapat para divers di sana. Selain itu, Indonesia masih memiliki spot lain yang tidak kalah eksotisnya. Untuk itu, kami mengajak para divers dunia untuk melakukan freediving di perairan Indonesia,” lanjutnya.

Lokasi freediving pun ditawarkan Bali, Lombok, Sulawesi, dan banyak lagi. Khusus Bali, Pulau Dewata ini menawarkan pesona Amed di sisi Timur Bali. Background yang ditawarkan kampung nelayan tradisional. Amed juga memiliki koleksi beragam biota laut.

Momentum terbaiknya pada April-November. Perairan ini juga punya Japanese Wreck. Dengan pesonanya, Amed masuk 5 lokasi freediving terbaik Asia Tenggara 2018 versi Seasia.co.

Bali juga menawarkan keindahan lokasi freediving di Nusa Penida. Kawasan ini banyak memiliki koleksi ikan pari. Spot lain yang tidak kalah eksotis adalah Pulau Menjangan. Selain freediving, area ini juga menjadi spot terbaik snorkling. Perainan Pulau Menjangan kerap ditemui kawanan lumba-lumba. Selain bawah air, kawasan ini juga memiliki view menawan lengkap dengan kawanan rusanya.

Ada juga Sulawesi yang terkenal dengan Bunaken dan Selat Lembehnya. Ini juga merupakan lokasi ideal bagi freedivers dengan kedalaman yang ideal dan berjarak sangat dekat di teluk Manado.

“Freediving memang menjadi fenomena dunia. Sebab, skill khusus dan fisik prima jadi salah satu kunci untuk melakukan freediving. Menariknya lagi, Indonesia memang memiliki banyak spot terbaik untuk aksi freediving ini. Silahkan datang dan eksplorasi sendiri keindahan juga keunikannya,” terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Daftar lokasi freediving pun makin panjang dengan perairan Pulau Komodo. Dengan warna biru airnya yang jernih, para divers bisa bertemu penyu hingga whale shark. Selain Lombok, Nusa Tenggara Timur (NTT) juga memiliki Pulau Alor. Perairannya bening seperti kristal dengan beragam terumbu karang. Komposisinya sangat padat. Laut Banda Neira juga menarik di Ambon dengan palungnya.

“Memberikan pemaparan terkait freediving di Adex 2019 tentu jadi momentum positif. Publik di sana kini semakin mengerti beragam potensi yang dimiliki oleh wisata bahari Indonesia. Mereka bisa memilih beragam karakter khas terbaik sebagai lokasi freediving,” kata Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Indonesia juga menawarkan Raja Ampat, Papua Barat, sebagai lokasi freediving. Ada beragam terumbu karang warna-warni lengkap dengan ikan-ikan cantiknya.

Perairan ini juga memiliki koleksi paus dan beragam manta. Berada di Raja Ampat, para divers pun wajib singgah di Pulau Misool. Selain bawah lautnya, view di permukaan super eksotis dengan gugusan gunung karang.

“Kini peta kekuatan wisata bahari Indonesia sudah sangat jelas. Keindahan perairan nusantara ini bisa dinikmati dengan beragam cara. Bisa sekedar snorkling atau bahkan diving. Opsinya beragam karena wisatawan bisa freediving juga scubadiving. Perairan nusantara juga menjadi destinasi menarik kapal pesiar dunia. Silahkan datang ke Indonesia dan nikmati experience-nya,” tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.