Kepri Fokus Gaet Pasar Singapura dan Tiongkok

Jakarta (Paradiso) – Provinsi Kepulauan Riau tahun 2014 masuk dalam tiga besar provinsi penyumbang devisa terbesar untuk bidang pariwisata bersama Bali dan Jakarta.

Melihat peluang besar itu, Kementerian Pariwisata berniat meningkatkan pariwisata Kepulauan Riau dengan menarik wisatawan asing, khususnya wisatawan Singapura dan Tiongkok.

“Kita perhatikan origin-nya ya, Singapura itu (wisatawannya) 70 persen ke Kepri,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Menpar memaparkan, potensi besar yang bisa diraih dari Singapura tak hanya dari warga lokalnya, tetapi dari jumlah wisatawan mancanegara di Singapura yang mencapai 16 juta wisatawan dan kebanyakan berasal dari Tiongkok. “Spending Tiongkok paling besar, kita harus ke sana (pemasaran),” katanya.

pesona kepri2Arief menjelaskan beragam cara dilakukan pemerintah untuk menggiring wisatawan untuk mampir ke Indonesia, salah satunya dengan promosi dan juga iklan. “Di Singapura ada 16 juta wisman, itu Kepri harus attract karena kalau kita pasang (iklan) di Singapura tidak hanya untuk warga Singapura tapi untuk 16 juta wisman itu,” jelas Arief.

Kementerian Pariwisata berencana melakukan promosi dan memasang iklan besar-besaran tahun ini. Tak hanya media lokal, Kemenpar turut beriklan di saluran televisi Asia Pasifik, majalah internasional, dan juga situs perjalanan seperti TripAdvisor.

Tak hanya itu, kebijakan bebas visa juga coba dijalankan pemerintah guna menarik para wisatawan. “Nanti seluruh pintu masuk di Kepri bebas visa mulai bandara hingga pelabuhan. Diharapkan Juli akan berlaku bebas visa,” kata Arief.

Dengan langkah-langkah ini, tak tanggung-tanggung Menpar bahkan akan menjadikan pariwisata Kepulauan Riau melebihi popularitas Bali. Sebab, kemudahan akses dari Singapura menjadikan Kepulauan Riau memiliki potensi wisata yang sangat besar di samping dengan wisata bahari yang begitu indah. “Kita (Kepulauan Riau) akan jadi the next Bali, karena memang mudah, hub-nya ada di Singapura,” jelasnya.

Kepri Targetkan 2,5 Juta Wisman

Kepulauan Riau ditargetkan sebesar 2,5 juta kunjungan wisman pada akhir 2015 ini. “Kami siap menghadirkan wisman sebagai kontribusi pariwisata Indonesia,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Guntur Sakti dalam kesempatan sama.

Guntur mengatakan promosi wisata Kepulauan Riau saat ini lebih difokuskan di Pulau Bintan dan Pulau Batam. Sebab, menurut dia, geliat pembangunan infrastruktur di kedua wilayah tersebut lebih unggul dibanding 5 kabupaten kota lainnya di Kepulauan Riau.

“Ini yang menjadi destinasi wisatawan mancanegara ke Kepulauan Riau dan kebetulan Batam dan Bintan sudah jadi pintu masuk wisman ditambah Karimun dan Tanjung Pinang,” jelas Guntur.

Untuk menggenjot pariwisata Kepulauan Riau, digelar berbagai acara bertajuk ‘Pesona Kepri Pesona Indonesia’ di Jakarta. Acara ini dihadiri lebih dari 20 perusahaan hotel, resort, dan wisata di Kepulauan Riau.

Tak hanya itu, akan ada festival makanan khas Kepulauan Riau pada 16-17 Mei 2015 di Mall of Indonesia serta beragam rangkaian acara lainnya hingga akhir tahun 2015 nanti.

Menpar menjabarkan, dalam triwulan pertama di 2015, kunjungan wisman ke Kepulauan Riau mencapai 530.000 dari target 500.000 wisman. Arief optimistis dengan capaian pada triwulan pertama ini sehingga target untuk satu tahun ke depan bisa tercapai. (*/bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.