Kerap Dibanjiri Peserta Mancanegara, Bintan Triathlon Selalu Ditunggu

BINTAN (Paradiso) – Jika ada pertanyaan mana event triathlon paling dinanti di Indonesia, Bintan Triathlon adalah jawabannya. Namun, jawaban itu bukannya tanpa alasan. Buktinya, ribuan peserta dari puluhan negara selalu ambil bagian dalam Bintan Triathlon.

Di tahun 2017, jumlah peserta event ini mencapai 1.300 orang dari 37 negara. Tahun 2018, jumlah peserta juga mencapai 1.300 orang. Namun, jumlah negara yang berpartisipasi bertambah. Tepatnya sebanyak 49 negara.

Buat Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati, kemampuan Bintan Triathlon menghadirkan banyak peserta membuat Kementerian Pariwisata selalu memberikan dukungan.
“Dengan kemasan sport tourism, Bintan Triathlon memiliki daya dari buat wisatawan mancanegara. Buktinya, dalam setiap pelaksanaan event ini selalu banjir peserta mancanegara. Bintan Triathlon sangat baik untuk dijadikan contoh,” kata Dessy, Kamis (6/6).

Untuk tahun ini, target wisman yang akan hadir sebanyak 4.000 orang. Rinciannya, target peserta sebanyak 1.300 orang. Sedangkan sisanya adalah keluarga para peserta dan anggota timnya.

Dijelaskan Dessy, target ini bukannya mustahil untuk dicapai. Apalagi, Bintan Triathlon 2019 sangat ramah buat keluarga.
“Ada banyak event yang tidak hanya melibatkan para atlet. Ada event yang dikhususkan untuk keluarga mereka. Seperti yoga session, beach soccer for kids, dan masih banyak lagi. Para peserta juga tetap bisa menikmati masa liburan selama di Bintan,” terang Dessy.

Sedangkan Ketua Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, mengatakan Bintan Triathlon memiliki event yang sangat favorit untuk keluarga. Namanya Fun Duo Race Challange. Event ini mencakup berenang sepanjang 150 meter dan berlari sejauh 1,5 kilometer sampai finish.

“Kalau yang family sport ini banyak diikuti oleh peserta dari negara Singapura, Australia, China dan lainnya,” jelas Esthy yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar.
Kategori lain yang dilombakan adalah Olympic Distance meliputi etape berenang sepanjang 1,5 Kilometer, bersepeda sejauh 40 Kilometer, dan berlari sejauh 10 Kilometer.
Kemudian Kategori Sprint Distance meliputi berenang sepanjang 750 meter, bersepeda sejauh 20 kilometer dan berlari sejauh 5 kilometer.

Berikutnya, Youth Distance meliputi berenang sepanjang 300 meter, bersepeda sejauh 12 kilometer dan berlari sejauh 3 kilometer dan Kids Distance meliputi berenang sepanjang 150 meter, bersepeda sejauh 6 kilometer dan berlari sejauh 1,5 kilometer.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Bintan adalah surganya sport tourism di Indonesia. Karena, Bintan memiliki banyak event yang berkelas internasional.

“Saya tidak ragu dengan kemampuan Bintan menggelar sport tourism. Karena mereka memiliki banyak event berkelas. Event yang levelnya sudah internasional. Ada Tour de Bintan, Iron Man, termasuk juga Bintan Triathlon yang sangat konsisten digelar dan selalu dibanjiri wisatawan,” puji Menteri lulusan Telematika University of Surrey Inggris itu. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.