Keren, Ada Kegiatan Bersepeda Crossborder di Festival Danau Sentarum

PONTIANAK (Paradiso) – Sensasi berpetualang menggunakan sepeda ditawarkan dalam Bersepeda di Jantung Borneo II. Jalurnya keren. Yaitu Indonesia dan Malaysia. Jarak tempuhnya 140 kilometer. Peserta akan disuguhi view eksotis bumi Kalimantan.

Bersepeda di Jantung Borneo II menjadi bagian Festival Danau Sentarum. Bersepeda di Jantung Borneo II akan digelar 27-29 Oktober 2018.

Kegiatan ini disupport penuh Wonderful Indonesia, West Borneo Tourism Association, dan Penyelenggara Festival Danau Sentarum. Ada juga Visit the Heart of Borneo dan Pesona Borneo.

“Bersepeda di Jantung Borneo II ini menjadi rekomendasi terbaik bagi para pecinta sepeda. Tracknya sangat menantang dengan panjang 140 kilometer. Selain itu, ada banyak hal seru dan menawan yang ditawarkan. Pokoknya segera atur perjalanan ke sana dari sekarang,” ungkap Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana, didampingi Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni, Kamis (7/6).

Bersepeda di Jantung Borneo II mengambil start dari Sri Aman (Malaysia). Setelah menempuh perjalanan 140 kilometer, petualangan peserta pun akan finish di Kantor Kecamatan Lupar, Lanjak, Danau Sentarum. Kegiatan ini Mengusung tema ‘Cycling Cross Country Indonesia-Malaysia’.

Peserta akan melewati view terbaik perbatasan kedua negara. Posisi crossborder Lubok Antu (Malaysia) dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau, Kapuas Hulu, Kalbar, terkenal indah. Udaranya juga fresh dengan udara yang hangat.

Pitana menambahkan, agenda Bersepeda di Jantung Borneo II ini akan menjadi magnet pariwisata besar di zona crossborder Kalbar.

“Mengawali perjalanan dari Malaysia dan finish di Danau Sentarum tentu jadi fenomena. Sebab, track yang dilalui memang terkanal indah panoramanya. Pokoknya luar biasa berada di sana. Kami optimistis publik akan merespon besar program ini. Kondisi ini tentu sangat menguntungkan bagi Festival Danau Sentarum,” lanjut Pitana lagi.

Sebanyak 300 peserta diproyeksikan ambil bagian dalam kegiatan ini. Rinciannya, 100 dari Malaysia dan 150 peserta dari Indonesia.

Menjawab kebutuhan peserta khususnya mancanegara, program khusus sudah disiapkan. Digelar hampir bersamaan dengan event sepeda, peserta Bersepeda di Jantung Borneo II akan diajak berkeliling Danau Sentarum. Kapal Bandong sudah disiapkan dan akan mengantar peserta menikmati aneka event dari Festival Danau Sentarum.

“Danau Sentarum dan festivalnya akan menjadi momen terbaik untuk mengembalikan kebugaran para peserta. Beragam program wisata sudah disiapkan dan semuanya menarik. Pelayanan terbaik juga akan diberikan. Kami tentu gembira, sebab kehadiran peserta ini juga ikut menggerakan perekonomian bagi masyarakat,” jelas Pitana lagi.

Bagi calon peserta, pendaftaran sudah dibuka mulai 1Juni-31 Juli 2018. Bila peserta mendaftar di periode 1-30 Juni, hanya dikenai biaya Rp800 ribu. Namun, bujet pendaftaran jadi Rp1 juta bila peserta baru mendaftar pada periode 1-31 Juli 2018.

Saat melakukan pendaftaran, peserta pun wajib melampirkan paspor. Dan, menariknya event ini terbuka utuk semua jenis sepeda.

“Proses pendaftaran saat ini sudah dibuka. Kalau ingin berhemat, pendaftaran harus dilakukan dari sekarang. Sebab, bulan Juli nanti besar biaya pendaftaran sudah berbeda. Dengan biaya yang terjangkau, ada banyak benefit yang juga akan diterima oleh peserta,” tutur Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni.

Beragam fasilitas terbaik akan diberikan Bersepeda di Jantung Borneo II. Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati peserta seperti akomodasi hotel di Sri Aman dan homestay di Lanjak. Ada juga konsumsi dan transportasi, asuransi di Indonesia dan Malaysia, ambulance, jersey, hingga medali. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi nomor +628125712509 atau +62811568313

“Fasilitas terbaik akan diterima peserta. Mereka akan dibuat nyaman karena tidak perlu memikirkan hal yang bersifat non teknis. Semua sudah disiapkan dengan baik oleh penyelenggara,” jelas Sumarni.

Bagaimana dengan aksesibiltas? Peserta juga tidak perlu khawatir. Sebab, jalur udara menuju kawasan Danau Sentarum terbuka sangat lebar. Ada beberapa alternatif maskapai yang telah mengarungi langit Putussibau.

Support besar juga diberikan Garuda Indonesia melalui rute ini. Mereka juga diklaim selalu memberikan dukungan atas penyelenggaraan Festival Danau Sentarum beserta event turunannya.

“Aspek atraksi dan amenitasnya bagus. Pun demikian dengan akesibilitasnya yang luar biasa. Akses darat dan jalur udara sama bagusnya. Peserta dan para wisatawan tidak perlu khawatir. Sebab, sinergi positif selalu dilakukan dengan para pelaku bisnis transportasi,” jelas Kepala Bidang Pemasaran Area III, Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional 2 Kemenpar Sapto Haryono.

Menjadi bagian motor penggerak pariwisata Kalbar, penyelenggaraan Bersepeda di Jantung Borneo II.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan, sukses besar akan diterima event ini.

“Konsep ini menarik. Kami yakin semua agenda di Danau Sentarum akan menarik kunjungan kedatangan. Dekat dengan pintu PLBN Nanga Badau, pasti banyak wisatawan Malaysia yang berkunjung,” tutupnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.