Keren, Kompas Travel Fair 2018 Hadir di 4 Kota

JAKARTA (Paradiso) – Jika kalian termasuk pecinta traveling, ada satu momen yang tidak boleh dilewatkan. Namanya Kompas Travel Fair 2018. Kegiatan ini resmi dibuka, Jumat (7/9) di JCC Senayan Jakarta, dan akan berlangsung hingga 9 September nanti. Event ini digelar serentak di 4 kota besar. Selain Jakarta, kegiatan ini juga dilaksanakan di Surabaya, Medan dan Makassar.

Di Surabaya KTF 2018 diselenggarakan di Pakuwon Mall. Sedangkan di Medan KTF 2018 diselenggarakan di Centre Point Mall, dan di Makassar diselenggarakan di Phinisi Point.

Kementerian Pariwisata menyambut baik event tahunan yang sudah 7 kali dilaksanakan ini. Dukungan juga diberikan. Karena berimbas baik bagi pariwisata. Asal tahu saja, jika merujuk data World Travel & Tourism Council (WTTC) tahun 2016, sektor pariwisata Indonesia memberikan kontribusi 10 persen dari total PDB, dengan nominal tertinggi di ASEAN.

Ni Wayan Giri Adnyani

“Targetnya, pada 2019 sektor pariwisata menyumbang 15 persen pendapatan domestik bruto (PDB). Dengan jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia mencapai 20 juta,” ujar Plt Deputi Pengembangan Pemasaran 1 Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani di Jakarta, Jumat (7/9).

Ni Wayan Giri menyebut, pandangan dan gaya hidup masyarakat terkait berwisata sudah bergeser. Kini, berwisata menjadi sebuah kebutuhan dan bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Dan dengan semakin majunya teknologi transportasi, jarak tidak lagi menjadi kendala bagi seseorang untuk berkeliling dan menjelajahi dunia.

“Dengan diselenggarakan pameran wisata seperti ini diharapkan dapat mendukung industri pariwisata nasional dan mancanegara,” ujarnya.

Ni Wayan Giri berharap, KTF dan travel fair event semacam ini tidak hanya menawarkan paket wisata bagi wisatawan Indonesia untuk melakukan perjalanan wisata ke luar negeri. Tetapi juga menawarkan paket wisata destinasi Indonesia. Targetnya tidak hanya wisatawan nusantara tapi wisatawan mancanegara.

“Kami juga berharap agar KTF dapat menjadi recommended travel fair yang menawarkan variasi destinasi dengan peminat yang berkualitas sehingga KTF dapat memberikan value baik bagi travel agent, travellers, maupun brand/corporation,” pungkasnya.

Sementara itu Direktur Bisnis Harian Kompas Lukas Widjaja betharap, penyelenggaraan Travel Fair menjadi penghubung masyarakat dan industri pariwisata di Indonesia dengan dunia.

“Acara ini sudah berjalan sejak tahun 2012, setiap tahunnya kami selalu berusaha menyajikan yang lebih baik untuk para pengunjung. Tahun lalu, Kompas Travel Fair sukses mendatangkan para peminat traveling dan ekshibitor selain di Jakarta, juga Yogyakarta dan Surabaya. Kami melihat peluang dari kota-kota lain sehingga pada tahun ini KTF juga menyapa masyarakat di Medan dan Makassar,” ujarnya.

Selama pameran, pengunjung bisa mendapatkan penawaran terbaik tiket perjalanan dari multiple airlines seperti Garuda Indonesia, Citilink, ANA, Cathay Pacific, China Airlines, EVA Air, Ethiopian Airlines, Malaysia Airlines, Oman Air, Singapore Airlines, dan Qatar Airways. Pengunjung juga bisa mendapatkan penawaran menarik lainnya. Yaitu untuk paket perjalanan, aksesori travel, dan masih banyak lagi.

Khusus untuk pengunjung KTF 2018 di Jakarta, terdapat promo tiket pesawat Jakarta – Kuala Lumpur (PP). Harganya mulai dari harga Rp 178 ribuan. Juga rute Jakarta – Hongkong (PP) mulai dari harga Rp 1,9 jutaan. Tidak hanya itu mereka yang berencana liburan ke Jepang pun bisa memanfaatkan promo tiket pesawat Jakarta – Tokyo (PP) mulai dari harga Rp 3 jutaan. Ada juga promo tiket pesawat Jakarta – Melbourne (PP) mulai dari Rp 3,8 jutaan dan Jakarta – Los Angeles (PP) mulai dari Rp 6,5 jutaan.

KTF 2018 pun menawarkan berbagai paket menarik. Misalnya saja, paket berlibur ke Korea selama 4 Hari 3 malam, mulai dari Rp 2,4 jutaan; paket Australia selama 4 Hari 3 malam mulai dari Rp 2,9 jutaan; hingga paket wisata ke Afrika 9 Hari 8 Malam mulai dari Rp 14,2 jutaan. Tak ketinggalan juga, paket wisata Umroh 9 Hari mulai dari Rp 17,9 jutaan.

Untuk aksesori travel, KTF 2018 menawarkan Koper Condotti ukuran 20 inchi seharga Rp 499 ribu. Atau, jauh dari harga normal Rp 5,8 jutaan. Bagi pengunjung Jakarta yang ingin berburu tiket wahana rekreasi, KTF 2018 juga memiliki penawaran serba Rp 50 ribu untuk tiket masuk Taman Safari Indonesia di Cisarua, Jakarta Aquarium, Waterbom Jakarta, serta HOUBII Urban Adventure Park.

Selama pameran berlangsung, CIMB Niaga memberikan beragam promo seperti cashback hingga Rp 2 juta, cicilan 0% sampai 24 bulan, dan hemat hingga 50% dengan Poin Xtra. Selain itu, tersedia koper gratis khusus bagi nasabah yang bertransaksi menggunakan kartu kredit premium CIMB Niaga. Yaitu, JCB Ultimate, World Mastercard, Visa Infinite, dan Preferred Visa Infinite. Sementara bagi pemegang kartu kredit Syariah (Gold dan Platinum), CIMB Niaga juga menawarkan cashback sebesar Rp1 juta untuk transaksi Haji dan Umroh.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik gelar KTF. Menpar juga mendorong agar KTF ini dijadikan sebagai market place, dengan lebih banyak sellers dan buyers dari luar negeri.

Menpar Arief Yahya menggunakan analogi, orang tidak membuka toko di tengah sawah, tapi di mall. Atau banyak toko bangunan berkumpul dalam satu kawasan, kalau ada yang mendirikan toko bangunan sendirian, sudah pasti tidak sesukses kalau bersama-sama dalam satu area.

Rivalnya banyak, persaingannya ketat. Tetapi opportunity untuk mendapatkan revenue dari transaksi lebih besar. Karena itu dia minta BBTF ini jangan membatasi diri, jangan eksklusif, jangan berpikir hanya mengejar quality tourism.

“Jangan didikotomi antara mass tourism dan high end market, dua duanya kita membutuhkan,” ujar Arief Yahya.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.