Kompetisi Fotografi Bawah Laut se-Asia kembali Digelar di Indonesia

BALI (Paradiso) – Mengulang kesuksesan acara kompetisi fotografi bawah laut tingkat Asia oleh Asia Underwater Federation (AUF) pada tahun 2013 di Manado, Indonesia melalui induk organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) sebagai anggota konfederasi dunia CMAS kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kompetisi fotografi bawah laut antar negara. Tahun ini perhelatan ketiga dari kompetisi fotografi bawah laut se-Asia akan diselenggarakan di Puri Madha Dive Resort yang berada di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem Provinsi Bali.

Pemilihan Tulamben untuk menjadi destinasi dalam penyelenggaraan event dunia bukanlah tanpa dasar, selama ini Tulamben telah dikenal dunia sebagai destinasi wisata selam berkat kekayaan biota bawah laut dan terdapatnya kerangka kapal ÚSAT Liberty yang mudah diselami. Foto-foto bawah laut terkenal dari destinasi ini menampilkan kumpulan ikan bumphead napoleon wrasse, ribuan jackfish dan kawanan ikan barracuda serta beragam keunikan binatang mikro yang menjadi primadona bagi para penyelam dan fotografer dari segala penjuru dunia. Empat titik selam yang akan menjadi tempat berlangsungnya kompetisi telah ditetapkan sejak tahun lalu saat dilakukannya survei tempat oleh perwakilan AUF asal Korea Selatan.

Penyelenggaraan kompetisi ini secara resmi akan dimulai pada tanggal 4 November 2016, acara pembukaan mulai pukul 09:00 sampai dengan 11:30 yang akan dibuka oleh Bupati Karangasem I Gusti Mas Sumatri dan dihadiri oleh SKPD dan Ketua Umum POSSI Laksamana Madya (Purn) Freddy Numberi, perwakilan delegasi teknis dari Asia Underwater Federation Mr. Byuundo Lee dan President CMAS Mr. Anna Arzhanova dari Russia serta para juri dan peserta kompetisi dari delapan negara yaitu Indonesia, Korea, Jepang, Taiwan, Singapura, Malaysia dan negara-negara lainnya.

Tim Indonesia telah dipilih dan akan diperkuat oleh lima orang penyelam fotografer dengan kombinasi amatir dan professional baik yang berasal dari Tulamben maupun dari luar yang memiliki kemampuan untuk mewakili negara dalam ajang ini. Walaupun target dari tim Indonesia belum ditentukan sampai berita ini ditayangkan, namun Indonesia berpeluang besar untuk meraih juara umum dengan merebut beberapa medali baik emas, perak dan perunggu dari 5 kategori yang diperebutkan.

Mari kita dukung dan doakan agar lagu kebangsaan dapat membahana dalam acara penyerahan medali yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 7 November 2016 pukul 19:00. (*)

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.