KTCF 2014 Memberi Ruh Jakarta

Mari Elka Pangestu (tengah) antusias di gelaran KTCF.
Mari Elka Pangestu (tengah) antusias di gelaran KTCF.

Jakarta (Paradiso) – Meski hari masih terbilang pagi, orang-orang sudah berkerumun di  kawasan Taman Fathillah, Kota Tua.  Tidak saja wisatawan lokal, beberapa wisatawan mancanegara pun terlihat asik menikmati berbagai kegiatan seni  dalam gelaran bertajuk Kota Tua Creative Festival (KTCF)2014.

Selama dua hari 21-22 Juni kawasan wisata sejarah tersebut semarak dengan berbagai pertunjukan mulai seni musik, teater, arsiteltur, instalasi, hingga pameran fotografi.

Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang hadir pada hari kedua penyelenggaraan mengatakan,  pemanfaatan ruang publik sangat penting dalam upaya mengembangkan potensi ekonomi kreatif sekaligus sebagai daya tarik wisata.

“Menghidupkan Kota Tua dengan kegiatan-kegiatan kreatif seperti ini sebenarnya sudah sejak lama saya  harapkan, jauh sebelum saya menjadi menteri, syukurlah ini akhirnya bisa terlaksana. Semoga kegiatan ini bisa terus dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang,” kata Mari lagi.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Creative Public Spaces diselenggarakan sebagai upaya untuk mengajak masyarakat memberdayakan ruang publik sekaligus memeriahkan hari ulang tahun Kota Jakarta yang jatuh pada 22 Juni.

Kegiatan KTCF dilaksanakan dengan memanfaatkan beberapa gedung di sekitar Taman Fatahillah seperti Gedung Cipta Niaga, Gedung Kerta Niaga, Gedung Samudera, dan Stasiun Kota. “Disinilah kita bisa memberikan ruang kreatif  kepada semua orang kreatif,” kata Mari lagi menerangkan.

Lebih lanjut Mari mengungkapkan, kegiatan KTCF bisa menjadi sarana dalam upaya merevitalisasi Kota Tua dan menghidupkan kawasan yang dahulu merupakan kota bandara (pelabuhan) besar yang pernah berjaya.

“Kegiatan ini  bisa menjadi awal  mengembalikan nyawa dan jiwa Kota Jakarta yang diawali dari Kota Tua,” kata Mari menjelaskan.

Selain menampilkan beragan kegiatan seni, KTCF juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya seperti Festival Teh Nusantara. (Erwin)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.