Kunjungan Kapal Pesiar Ditargetkan Tumbuh 27%

kapal pesiar singgahJakarta (Paradiso) – Pemerintah akan lebih agresif menangkap peluang perkembangan bisnis kapal pesiar di kawasan Asia sehingga dapat menarik armada dan meningkatkan jumlah wisatawan memasuki perairan dan mendarat di pelabuhan Indonesia.

Setelah berhasil menarik 309 armada kapal pesiar yang membawa 159.578 penumpang pada tahun lalu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan dapat meningkatkan jumlah kedatangan kapal pesiar hingga 24,3% menjadi 384 armada dengan pertumbuhan penumpang sekitar 27% menjadi 202.836 wisatawan.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan hal paling penting yang harus dilakukan sehingga kapal-kapal mewah tersebut memasuki dan mendarat di Indonesia ialah memperbaiki dan membuat pelabuhan baru.

“Kami akan tongkrongin terus yang sudah ada rencana 10 pelabuhan untuk meningkatkan pariwisata ini, tahun ini akan segera rampung di tiga wilayah yakni Tanjung Benoa, Semarang, dan Probolinggo,” ujarnya.

Dikatakan, selain itu, daerah yang menjadi tempat persinggahan juga harus dapat meningkatkan daya tarik wisata, termasuk kuliner, dan produk kerajinan sehingga para penumpang tidak hanya sekedar singgah saja, tetapi dapat menghabiskan lebih banyak pengeluaran untuk berbelanja.

“Sejak  2007 lalu Kemenparekraf bersama industri pariwisata dan travel agent semakin gencar mempromosikan dan ikut pameran ke luar negeri. Indonesia ini negara kepulauan sehingga potensinya untuk menarik minat kunjungan wisata kapal pesiar sangat besar. Ketika mendarat pun, mereka dapat menikmati berbagai wisata alam, budaya, dan kuliner nusantara,” katanya.

Ditambahkannya, saat ini, jumlah wisatawan kapal pesiar 40% masih didominasi oleh warga kenegaraan Australia, sementara sisanya dari negara lain di Asia dan ASEAN. Dengan adanya pertumbuhan wisata kapal pesiar di Asia, diharapkan dapat meningkatan kunjungan ke Indonesia. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.