Kunjungan Wisman ke Jawa Tengah Meningkat Tajam

kapal pesiarSemarang (Paradiso) – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Tengah hingga saat ini telah mencapai angka 400 ribu lebih wisatawan. Angka ini meningkat pesat dibandingkan tahun 2013 yang seluruhnya berjumlah 390 ribu wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Jawa Tengah, Prasetyo Ari Wibowo, mengatakan jumlah turis asing yang berkunjung ke Jawa Tengah hingga bulan Agustus mencapai 400 ribu wisatawan. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan masih adanya waktu cukup beberapa bulan ke depan bagi wisman untuk mengunjungi Jateng.

“Pihak Dispar pun menargetkan kenaikan kunjungan wisman sebanyak 10%. Potensi wisata Jateng ini cukup besar. Tapi, kami masih sadar masih kurang didukung sarana dan prasarana yang memadai. Makanya, ke depan perlu dukungan infrastruktur yang memadai. Dalam waktu dekat, kami akan mengundang operator wisata dan event organizer (EO) untuk melihat potensi wisata Jateng,” ujarnya.

Dikatakan, belum lama ini, kapal pesiar Sea Princess berbendera Hamilton, Bermuda singgah di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Kapal ini membawa 1.967 penumpang dan 850 crew dengan nakhoda Kapten Kent Thomas William.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membenarkan bahwa kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah menggunakan kapal pesiar terus meningkat. Dalam catatannya, hingga Juli 2014, sudah ada 21 kapal yang singgah di Kota Semarang. Sementara pada tahun 2013, hanya ada 19 kapal pesiar. Ganjar pun yakin dengan meningkatnya angka kunjungan wisatawan tersebut, Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan.

“Saya meminta agar semua pihak harus memperlakukan dengan baik para wisatawan yang sedang berkunjung tersebut. Kalau kita mau menjual pariwisata, maka kita juga harus siap menyambut wisatawan dengan perilaku yang baik. Kita bisa mulai dengan menjaga kebersihan, sehingga bisa memberikan kesan baik bagi para wisatawan,” kata Ganjar.

Ditambahkannya, saya sangat menginginkan untuk bisa lebih lama menahan para wisman kapal pesiar tersebut untuk berlibur di darat. Jika bisa menahan, maka pendapatan yang didapat masyarakat akan sangat membantu, dan hal tersebut bisa membantu industri di Jawa Tengah.

”Satu hari saja, kita bisa menahan lama tinggal para wisman yang datang, itu sangat bagus banget. Persoalannya, kita harus menyiapkan agar mereka mau singgah lebih lama,” ungkapnya. (*/ant)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.