Kunjungi Buton, DPR Himpun Masukan RUU Kawasan Pariwisata Khusus

Maskot kota Buton.
Maskot kota Buton.

Jakarta (Paradiso) – Komisi X DPR RI menggagas penyusunan Rancangan Undang-undang Kawasan Pariwisata Khusus (Kaparsus), sehingga membutuhkan masukan dan aspirasi dari berbagai pihak. Dalam kesempatan ini, Komisi X DPR RI mengunjungi Kabupaten Buton dan Kota Baubau, yang terletak di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.

“Sebagai tugas fungsional, kami ingin menyusun suatu RUU Kaparsus, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengusulkan bahwa disini (Pulau Buton) banyak pariwisata-pariwisata yang lebih spesifik dan khusus yang bisa dijadikan acuan, sehingga bisa dijadikan sebagai masukan RUU yang sedang kami susun,” jelas Ketua Tim Kunker Agus Hermanto, di Baubau, Kamis (26/6/2014).

Ketua Komisi X DPR RI ini mengakui, dengan tinggal sedikitnya waktu di masa periode Anggota Dewan 2009-2014 ini, memang cukup mustahil RUU ini dapat diselesaikan. Namun, dengan misi RUU ini menjadi embrio di periode mendatang, Komisi X bertekad mulai menghimpun masukan terkait RUU ini.

“Ini memang waktunya sudah sangat sempit, tapi juga tidak boleh terbengkalai begitu saja. Sehingga gagasan ini kita ingin sinkronisasi. Mudah-mudahan, walaupun bukan dalam masa DPR yang sekarang ini, setidaknya masukan ini menjadi embrio dan cikal bakal yang akan kita dongkrak sehingga nanti lebih mudah pembahasannya,” tambahnya.

Ia menyatakan, dengan adanya RUU ini nantinya dapat mengembangkan potensi pariwisata di daerah, sehingga dapat menghasilkan devisa, dan memperkenalkan pariwisata itu ke mata dunia.

“Ketenaran pariwisata Buton belum mengglobal. Bahkan, di tingkat nasional saja belum dikenal banyak wisatawan. Pariwisata model seperti ini harus kita kembangkan, sehingga di Buton ini penghasilannya tidak hanya dari produksi aspal, tapi pariwisata harus juga kita tonjolkan,” jelas Agus.

Dengan didampingi Walikota Baubau Tamrin dan Bupati Buton Umar Samiun, tim kunker mengunjungi objek wisata Benteng Keraton Buton, Pasar Wajo, Batu Popaua, Pantai Katembe, dan Pantai Nirwana. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.