Libur Lebaran, The Jungle Waterpark Bogor Panen Pengunjung

BOGOR (Paradiso) – Momentum Libur Lebaran merupakan saat panen bagi para pelaku sektor pariwisata. Tak terkecuali The Jungle Waterpark. Destinasi yang berlokasi di kawasan Bogor Nirwana Residence (BNR), Bogor Selatan tersebut penuh kebanjiran wisatawan.

Capaiannya cukup fantastis. Pada hari pertama dan hari kedua Lebaran kemarin tercatat 7.143 wisatawan telah mengunjungi The Jungle Waterpark.

“Dari total jumlah tersebut dengan rincian 1.048 orang yang berkunjung pada hari pertama Lebaran dan 6.095 wisatawan yang sudah berkunjung di hari kedua Lebaran,” jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi,” Jumat (7/6).
Jumlah itu, sambungnya, masih akan terus bertambah mengingat masih ada beberapa hari liburan tersisa. Sehingga destinasi wahana permainan terbesar di Kota Bogor itu kemungkinan akan mengalami lonjakan pengunjung pada akhir pekan ini.

“Sudah pasti lonjakan pengunjung akan terus bertambah. Apalagi diakhir pekan ini yang menjadi puncak masa libur Lebaran,” ucapnya.
Walikota Bogor Bima Arya mengatakan Bogor selalu siap menyambut wisatawan. Apalagi, Bogor memiliki banyak destinasi.

“Banyak destinasi indah di Bogor. Destinasi yang bakal memanjakan wisatawan. Jadi kita memang siap menyambut wisatawan atau pemudik saat libur Lebaran. Kita sadar letak Bogor dekat dari Jakarta. Yang artinya, Bogor akan menjadi pilihan buat warga ibukota yang ingin berlibur,” paparnya.

Bagi Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Adella Raung lonjakan pengunjung tersebut menjadi sinyal betapa menariknya pariwsata Bogor. Destinasi alamnya juara, dengan sejuknya udara khas pegunungan. Destinasi buatannya pun tak kalah hebatnya. Makanya Kota Bogor pun menjadi salah satu destinasi favorit warga Jakarta.

“Momen libur Lebaran tidak saja digunakan masyarakat untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga, namun dimanfaatkan juga untuk berlibur dengan mengunjungi destinasi wisata. Ini menjadi sinyal bagus bagi perputaran perekonomian dari kota ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk juga bagi Bogor,” ujar Adella.

Hal ini diamini oleh Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Wawan Gunawan. Apalagi Bogor memiliki keuntungan letak yang sangat strategis karena dekat dengan Jakarta. Sehingga akses pun semakin mudah. Apalagi amenitas dan atraksi Bogor semakin meningkat.

“Ini sebetulnya merupakan sebuah keunggulan. Aksesnya mudah, via tol Jagorawi dari Jakarta. Sekarang tinggal komitmen dari daerahnya untuk terus mengembangkan pariwisata,” ujar Wawan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Bogor selama ini menjadi pilihan destinasi berlibur warga ibukota.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun ikut senang dengan kabar tersebut. Menurut Mantan Dirut Telkom itu momentum mudik ditahbiskan sebagai ladang perburuan rezeki bagi pelaku industri pariwisata. Sebagian besar objek wisata penuh sesak oleh wisatawan.
Apalagi kini masyarakat sekitar destinasi wisata pun ikut bergerak meramaikan destinasi. Dagangannya pun ditambah dengan mengkomodifikasikan budaya lokal di sekitar objek wisata tersebut. Pemanis lainnya berwujud hotel, mal, pusat kuliner dan pusat perbelanjaan juga tidak ketinggalan ikut panen raya.

“Efek positif tersebut membawa berkah. Berkah karena perputaran perekonomian di daerah semakin kencang. Pelaku bisnis pariwisata serta masyarakat daerah ikut kebagian rezeki Lebaran. Sekaligus menambah pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujar Menpar. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.