Lihat Kekayaan Budaya Batak di Festival Danau Toba

festival danau tobaJakarta (Paradiso) – Festival Danau Toba kembali akan dihgelar. Tahun ini penyelenggaraan pesta budaya dan ekonomi kreatif tersebut akan dilaksanakan  17-21 September 2014. Beragam acara yang mengangkat keindahan dan kekayaan budaya Batak akan memeriahkan festival ini.

Ada pertunjukkan musik tradisional,  tari tradisional, fesyen show dengan beragam kain ulos, even ini juga dimeriahkan dengan ajang adu renang mengelilingi Pulau Samosir yang terbagi menjadi tiga etape.

“Festival ini kaya budaya Batak.Kita mengharapkan festival ini punya bidikan internasional. Karena festival ini layak dari segi materi. Bahasa unik tulisan unik Batak punya budaya adilihung,” Kata  Wamenparekraf, Sapta Nirwandar pada jumpa pers Festival Danau Toba 2014 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Kamis (4/9/2014).

Sapta juga mengungkapkan dalam festival ini,  wisatawan bisa melihat Solo Bolon. Suatu ajang perahu naga yang kayu perahunya diukir dengan motif-motif khas suku Batak.

Sementara itu, tokoh masyarakat Batak TB Silalahi yang turut hadir hadir mengatakan, ada dua tujuan ideal dari penyelenggaraan festival ini.

“Kita buat festival danau toba ada dua tujuan ideal, pertama bangsa lain akan melihat kebudayaan batak itu ternyata tinggi, mereka akan apresiasi. Yang ke dua agar sesama orang Indonesia bisa saling melihat dan membangun persaudaraan,” katanya.

Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tersebut. Juga even tahunan ini memili tujuan praktis yakni sebagai salah satu cara untuk bisa mensejahrterakan masyarakat. Pembukaannya dilaksanakan di TB Silalahi Center dan kali ini yang jadi tuan rumah adalah Kabupaten Toba Samosir. (Erwin)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.