Lion Group Berniat Bangun Bandara Balaraja Banten

lion airJakarta (Paradiso) – Lion Group dalam mengembangkan sayap bisnis sepertinya tidak pernah habis dan walau nilai tukar rupiah terus naik terhadap dollar Amerika Serikat yang terjadi sepanjang tahun ini tidak menghalangi niat Lion Group untuk berekspansi.

Komisaris Lion Group Rusdi Kirana mengatakan rencana ekspansi Lion Group adalah membangun bandar udara (bandara) di Balaraja, Lebak, Banten. Tak cuma bandara, proyek itu juga akan berisi area bisnis bagi pelaku usaha kecil dan mikro (UKM) serta pelaku usaha kelas menengah.  Total luasan lahannya 55 juta meter persegi (m2) atau sekitar 5.500 ha. Sementara perkiraan biaya pengembangan proyek itu lebih dari Rp10 triliun.

“Sejauh ini Lion Group akan mengembangkan sendiri proyek itu. Namun tak menutup kemungkinan kelak akan menggandeng investor. Rancangan maskapai penerbangan yang berdiri tahun 2000 itu, pembangunan bandara Balaraja membutuhkan waktu 10 tahun. Maskapai penerbangan itu menargetkan memulai pembangunan mulai tahun depan,” ujarnya.

Dikatakan, alasan Lion Group memilih Lebak karena ingin mencuil potensi penumpang di bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang sudah melebih kapasitas. Orang dari daerah Lebak misalnya, kalau ingin naik pesawat ke Soetta keluar biaya tambahan sangat besar, bisa sampai Rp1 juta untuk transportasi dan penginapan. Kami ingin mengincar pasar ini karena ini potensial.

“Rencana pembangunan bandara Balaraja itu menambah panjang daftar rencana ekspansi Lion Group. Tahun ini saja, maskapai itu sudah mencanangkan dua rencana lain,” katanya.

Ditambahkannya, pertama, ingin membangun bandara Halim Perdanakusumah dengan menggandeng Induk Koperasi TNI Angkatan Udara. Proyek yang belum dimulai itu bernilai Rp5 triliun. Kedua, membangun hanggar perbaikan pesawat di bandara Hang Nadim Batam melalui anak perusahannya PT Batam Aero Technic. Batam Aero tak bekerja sendiri tapi menggandeng CFM International. Biaya investasi proyek itu US$ 500 juta. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.