LLP-KUKM Gelar SMESCO Rembug Kopi Nusantara 2017

JAKARTA (Paradiso) – Komoditas kopi di Indonesia kian maju. Untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi Nusantara, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM kembali menyelenggarakan event promosi bertajuk SMESCO Rembug Kopi Nusantara 2017–Drink Coffee Wear Batik. Acara tersebut dibuka Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga di Exhibition Hall, Gedung SME Tower SMESCO Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada Rabu (11/10) sampai Jumat (13/10).

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan event ini penting karena dapat saling berbagi untuk mengembangkan kopi sebagai produk andalan Indonesia. Dan melalui Smesco ini juga promosi bisa terus ditingkatkan.

Dalam kesempatan ini pula Menkop mengajak pihak-pihak terkait untuk mengkaji mengapa produk kopi Indonesia bisa dikalahkan kopi asal Brazil dan Vietnam di pasaran dunia. Padahal, dua negara tersebut merupakan pemain baru di sektor kopi. Sedangkan Indonesia sudah mengenal dan mengolah kopi sejak abad ke-19.

“Oleh karena itu, saya berharap kualitas dan produktivitas kopi Indonesia juga bisa lebih ditingkatkan lagi‎. Dengan begitu, ekspor kopi pun bisa ditingkatkan,” kata Puspayoga ujar Puspayoga saat membuka “Smesco Rembug Kopi Nusantara” di gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Kamis (13/10).

Menkop mengakui, dari segi kuantitas, Indonesia memang belum menjadi produsen kopi terbesar di dunia. “Tetapi dari segi kualitas dan cita rasa semakin banyak masyarakat dunia yang mencari kopi Indonesia. Kesempatan inilah yang harus kita manfaatkan sebaik mungkin untuk mengembangkan Kopi Indonesia,” tegas Puspayoga lagi.

Puspayoga menambahkan bahwa karena komoditas kopi merupakan produk unggulan ekspor nasional, maka‎ daya saingnya harus terus ditingkatkan.

“Event ini penting karena dapat saling berbagi untuk mengembangkan kopi sebagai produk andalan Indonesia. Dan melalui Smesco ini juga promosi bisa terus ditingkatkan,” kata Menkop

Sementara itu, Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi mengatakan tahun lalu, pihaknya sukses menggelar acara tersebut. Kini, akan mengemas acara itu lebih berkualitas dan bervariatif dengan mengenalkan wawasan tentang ragam kopi lokal di Indonesia.

Emilia menambahkan, event ini  juga sekaligus sebagai suatu upaya untuk menyatukan potensi yang ada dari komoditas kopi Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Sebagai pelaksana teknis dari Kementerian Koperasi dan UKM,  SMESCO Indonesia senantiasa memberikan ruang gerak yang leluasa kepada para pelaku KUKM dengan potensi yang dimiliki untuk mengekspresikan dan mempromosikan hasil kreativitasnya kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat akan semakin mengenal produk- produk lokal yang berkualitas.

’’Dengan demikian, para pelaku UKM di bidang kopi dapat berkumpul dan saling bersinergi dalam rangka mem-branding produk kopi unggulan dari masing-masing daerah,’’ ujar Emilia.

Emilia berharap, melalui event ini masyarakat, pembisnis, pencinta kopi akan lebih mengenal berbagai hal tentang kopi. Mulai dari proses penanaman, panen dan pengolahan biji kopi serta ciri khas rasa kopi lokal yang sangat beragam dari berbagai wilayah di Indonesia, “Melalui kegiatan SMESCO Rembug Kopi Nusantara ini, diharapkan akan memberi pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia kepada masyarakat luas, sehingga bagi para pengusaha skala mikro, kecil dan menengah dapat memanfaatkan peluang usaha di bisnis kopi ini,” papar Emilia.

Acara ini didukung penuh oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) dan Coffee Lover’s Indonesia (CLI), bersama dengan Asosiasi Duta Indonesia (ADI), Uncle John Roasting, d’Excellent-Coffee Class, Maharaja Coffee, Qertoev Coffee, Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), Indonesian Latte Art Artist (ILAA), dan juga pelaku usaha di bidang kopi lainnya.

Lisa Ayodhia

Sementara itu, Ketua Pelaksana SMESCO Rembug Kopi Nusantara Lisa Ayodhia menambahkan, acara tersebut juga menampilkan Pameran Produk Kopi Nusantara dan sarana pendukung usaha di bidang kopi. Nantinya, dalam tiga hari pelaksanaan event tersebut juga akan dibagikan minuman kopi secara gratis.

Selain itu, kata dia, pada hari pertama akan ada aneka lomba kopi, seperti lomba roasting kopi, coffee cupping competition, public cupping yang akan dinilai oleh certified Q-grader. Kemudian pada hari kedua digelar brewing fun throwdown’’Ngulik Robusta Fine’’. Selain itu akan ada Pemilihan Duta Kopi, dan lomba busana batik.

Menurut dia, bagi yang ingin mempelajari brewing, dibuka juga Logica Brewing Class pada hari pertama, serta akan dilengkapi pula dengan Cold Brew Demo bersama SCAI dan Latte Art Demo, dan ada juga kegiatan di dalamnya seperti Inspiratif Talk Show mengenai ’’Successful Coffee Car Seller’’ pada hari pertama dan ’’Specialty Coffee Appreciation–Menghargai Kopi yang Berkualitas’’ dan juga ’’Yang Muda yang Berprestasi’’, serta talk show ’’Mengait Rupiah, Menembus Mimpi, dengan Kopi’’ pada hari kedua. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.